Home > Berita Liga Inggris > Tunangan Jamal Khashoggi Tolak Arab Saudi Kuasai Newcastle United

Tunangan Jamal Khashoggi Tolak Arab Saudi Kuasai Newcastle United

London – Tunangan dari jurnalis yang terbunuh, Jamal Khashoggi, mendesak agar Liga Primer Inggris menolak rencana akuisisi Newcastle United oleh konsorsium Arab Saudi karena adanya dugaan kejahatan.

Putra mahkota Saudi, Muhammad bin Salman dengan konsorsiumnya bersedia mengambil alih kepemilikan Newcastle senilai £300 juta. Hatice Cengiz, lewat pengacaranya, mengirimkan surat kepada Liga Primer agar membatalkan proses akuisisi karena adanya dugaan terhadap Saudi yang menutupi kasus kematian Khashoggi pada 2018.

Khashoggi, seorang jurnalis kelahiran Saudi yang bekerja untuk Washington Post, dibunuh di dalam kantor konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, saat mengambil dokumen yang dibutuhkan untuk menikahi Cengiz.

Pelaku pembunuhan disebut adalah anggota militer kerajaan Arab Saudi, dengan mereka diduga bergerak atas perintah Muhammad bin Salman yang tidak senang dengan suara vokal Khashoggi dalam menyampaikan kritik terhadap pemerintahan Arab Saudi.

“Nona Cengiz mendesak Anda dan dewan Liga Primer untuk mengambil semua langkah yang diperlukan guna mencegah . . . Gabung . . . proses akuisisi,” bunyi surat yang ditujukan kepada pimpinan Liga Primer, Richard Masters.

“Tidak diragukan lagi itu adalah tindakan yang tepat, benar dan sah, bagi Anda dan Liga Primer untuk secara khusus melakukan itu mengingat pembunuhan kejam terhadap tunangan nona Cengiz.”

“Seharusnya tidak ada tempat di Liga Primer dan sepakbola Inggris, bagi siapa pun yang terlibat dalam tindakan keji seperti itu.”

“Saya percaya Liga Primer dan otoritas Inggris menghargai prinsip dan reputasi mereka di atas upaya transparan pemulihan citra melalui olahraga.” pungkasnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Romelu Lukaku Akan Dihadang Virgil van Dijk Saat Liverpool vs Chelsea Nanti

Liverpool – Pada akhir pekan ini dalam laga Premier League 2021/22 akan menyajikan pertandingan seru ...