Home > Berita Liga Indonesia > Teco Ungkap Perjalanan Karirnya Hingga Menjadi Seperti Sekarang Ini

Teco Ungkap Perjalanan Karirnya Hingga Menjadi Seperti Sekarang Ini

Jakarta – Stefano Cugurra, atau yang akrab disapa Teco, menjadi arsitek tim dengan reputasi top yang saat ini berkarier di kompetisi Indonesia. Pada rentang 2018 dan 2019, juru racik asal Brasil itu memenangkan penghargaan pelatih terbaik Liga 1.

Sebelum namanya banyak dikenal dan menukangi Persija Jakarta, lalu kemudian berlabuh ke Bali United, Teco juga pernah menjadi bagian tim pelatih Persebaya Surabaya. Ia pernah melakoni karier pelatih di sejumlah negara lain, seperti Thailand.

Gildo Rodrigues, yang merupakan ayah kandung dari Teco, adalah sosok penting yang memperkenalkan Teco dunia kepelatihan. Gildo juga pernah menjadi pelatih Persebaya pada 2007, dan berkarier melatih di beberapa negara.

“Saya banyak belajar ilmu kepelatihan dari ayah saya. Saya belajar banyak program latihan dari Brasil. Saya ikut dia sebagai pelatih sepakbola di beberapa negara seperti Kuwait, Liberia, UEA, Bahrain, USA hingga Indonesia bersama tim Persebaya,” urai Teco.

“Saya terkesan saat ikut ayah berkarier di Kuwait. Waktu itu ayah saya sering membawa timnya . . . Gabung . . . juara Liga dan Copa di sana. Selain itu, dia juga pernah menangani timnas Kuwait. Hingga akhirnya saya suka sepakbola dari ayah saya karena pekerjaannya,” imbuhnya.

Persebaya menjadi pintu masuk bagi Teco mengenal Indonesia dan memulai ilmu kepelatihan. Ia bersama Jacksen Tiago, yang kini menukangi Persipura Jayapura, sangat dekat dan memiliki selera kuliner yang serupa.

“Makanan favorit saya saat pertama kali datang ke Indonesia adalah nasi goreng. Setelah setahun tinggal di Indonesia saya menemukan rawon saat di mes Persebaya waktu itu. Sekarang rawon menjadi salah satu menu favorit saya.” pungkasnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Jelang Liga 2 2021, AHHA PS Pati FC Perkenalkan Jersey Barunya

Jakarta – Menjelang kick-off Liga 2 2021, AHHA PS Pati FC resmi memperkenalkan jersey terbarunya ...