Home > Berita Bola > Ronaldo Berikan Teori Pingpong Saat Bicara Soal Tendangan Bebasnya

Ronaldo Berikan Teori Pingpong Saat Bicara Soal Tendangan Bebasnya

Di luar sepak bola, Cristiano Ronaldo menggemari banyak olahraga lain, termasuk tenis meja. Hobinya main pingpong justru menjadi akar terciptanya gerakan spesialis CR7 dalam mengeksekusi tendangan bebas.

Aksi ini biasa disebut knuckle-ball freekick. Awalnya, Ronaldo terobsesi menciptakan efek atau gaya dalam pukulan tenis meja menggunakan berbagai sudut pada bet pingpong.

“Lihat, bos, kalau memukul dengan cara ini, bola akan mendapatkan efek seperti ini,” kata Ronaldo muda kepada pelatihnya saat di tim junior Sporting CP, Leonel Pontes.

“Tidak ada yang bisa mengalahkannya bermain tenis meja. Begitu pun di sepak bola,” kata Pontes mengenang mantan anak didiknya itu.

Saat diaplikasikan ke permainan sepak bola, Ronaldo jadi bisa mengatur arah, menentukan efek atau rotasi bola, dan mengatur kekuatan eksekusi sesuai kebutuhannya.

Walau belakangan dikritik karena sudah lama tidak mencetak gol lewat tendangan bebas, Cristiano Ronaldo akan tetap terekam sebagai salah satu eksekutor free-kick terbaik.

Kapasitasnya sebagai algojo tembak bebas kelas wahid mencuat ke permukaan saat ia membela Manchester United. Saat itu, publik Old Trafford sudah merekam dalam benak masing-masing bagaimana kerennya tendangan “pisang” David Beckham.

Selepas Beckham pergi, mereka disuguhi aksi lain dari bintang barunya. Saat Ronaldo mengambil eksekusi, efeknya berbeda. Lebih kuat dan lesatannya lebih cepat dibandingkan milik Beckham yang melengkung dan elegan.

Itu terjadi karena Ronaldo jamak memakai bagian instep alias punggung kaki dan mendorong bola dengan volume kekuatan yang besar. Untuk . . . Gabung . . . memberikan efek putar atau tidak, ini tergantung sisi bola yang dikenai.

Bola hasil sepakan CR7 biasanya menghasilkan lengkungan nan penuh tenaga yang menghunjam dan sulit dijangkau kiper. Secara teori, banyak yang menyebut dasar gerakan ini terinsipirasi dari eksekusi ala mantan playmaker Brasil dan Lyon, Juninho, dan satu mazhab dengan mantan bintang Juventus dan AC Milan, Andrea Pirlo.

Tapi, CR7 memberikan perbedaan dengan postur khas serta kekuatan yang membuatnya spesial. Sebelum menendang, Ronaldo biasanya ambil ancang-ancang beberapa langkah sambil mengukur jarak dan sudut mana yang akan ia hantam.

Setelah bola melesat, ia mendaratkan kaki kanan, yang dipakai menendang, lebih dulu ke tanah daripada kaki kiri yang lebih bertugas menopang postur.

Sikap kaki penopang krusial sebagai penyeimbang saat kaki dominannya mengeluarkan ledakan tenaga untuk menembak. Hal ini diakui sendiri oleh Ronaldo.

“Sukses atau tidaknya melakukan free-kick berhubungan dengan posisi tubuh, cara mengenai bola, dan bagaimana posisi kaki yang tidak digunakan menendang,” katanya memberikan sedikit resep.

x

Check Also

Penalti Barcelona Di Protes Pelatih Valencia, Mantan Wasit La Liga : Barca Memang Harus Dapat Penalti

Barcelona – Pada laga pekan ke-9 La Liga 2021/22, Barcelona berhasil mengalahkan tim tamunya di ...