Home > Berita Bola > Ricky Kayame Tak Lupakan Pendidikan di Tengah Kesibukan Sebagai Pemain

Ricky Kayame Tak Lupakan Pendidikan di Tengah Kesibukan Sebagai Pemain

Winger lincah Persita Tangerang, Ricky Kayame ternyata tidak hanya memikirkan kariernya di sepak bola, tapi juga pendidikan. Saat ini, ia tercatat sebagai mahasiswa semester akhir di salah satu universitas di Papua.

Ricky mengatakan, pendidikan sangat penting dan bisa jadi modal untuk mempersiapkan masa depan kalau pensiun sebagai pesepak bola. Karenanya, mantan pemain Arema FC itu mengambil jurusan perikanan dan ilmu kelautan di Universitas Yapis Papua.

“Saya ambil fakultas perikanan dan ilmu kelautan. Sudah mau selesai,” katanya.

“Pendidikan itu penting, sepak bola kan ada batas usia. Jadi ini sebagai modal nanti buat masa depan,” kata Ricky.

Tidak mudah bagi Ricky Kayame untuk menjadi seorang mahasiswa dan pesepak bola profesional. Kondisi itu membuat perkuliahannya sering tertunda, apalagi beberapa musim terakhir ia berkarier di luar pulau . . . Gabung . . . atau jauh dari kampusnya.

Saat ini, Ricky Kayame sedang berada di kampung halamannya. Ia pulang setelah tim Persita Tangerang diliburkan sampai awal Juni menyusul pandemi virus corona. 

Selain Kayame, banyak juga pesepak bola yang saat ini tercatat sebagai mahasiswa aktif bahkan sudah diwisuda. Sebut saja nama Ferinando Pahabol, Gerard Pangkali, Roni Beroperay yang sudah menyelesaikan kuliahnya.

x

Check Also

Arteta

Arteta Menyebut Bully Bisa Menghambat Karir Pelatih Muda

London – Mikel Arteta mewanti-wanti bahwa para pelatih muda bakal terus ragu berkarier karena takut ...