Home > Berita Liga Inggris > Presiden KNVB Pesimis Liga Inggris Musim Ini Bisa Bergulir Lagi

Presiden KNVB Pesimis Liga Inggris Musim Ini Bisa Bergulir Lagi

London – Just Spee selaku presiden Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB), menyatakan pesimis bahwa Liga Primer Inggris akan dapat melanjutkan kompetisi musim 2019/20 yang terhenti.

Spee menyampaikan pernyataan itu tepat satu hari setelah KNVB memutuskan untuk mengakhiri musim Eredivisie karena krisis yang diakibatkan oleh wabah virus corona, dengan peniadaan juara, promosi maupun degradasi.

“Itu [pengumuman pembatalan musim Eredivisie] adalah hari yang sangat pahit karena Anda ingin [penentuan juara, promosi dan degradasi] ini terjadi di lapangan, bukannya dilakukan oleh dua atau tiga orang di belakang meja,” kata Spee kepada BBC.

“Ada yang diuntungkan dan ada yang dirugikan. Dan khususnya bagi yang dirugikan, kemarin itu adalah hari yang sangat buruk sehingga kami merasa sedih. Kami merasa sedih bahwa kami harus mengambil keputusan seperti itu, kami bersimpati dengan klub-klub dan pendukung mereka. Pada saat yang sama, tidak ada jalan lain.”

Sejumlah klub melakukan protes atas keputusan KNVB itu, dengan FC Utrecht mengatakan akan membawa masalah itu ke jalur hukum usai gagal menyegel tiket kompetisi Liga Europa. Sementara itu, arsitek tim kepala Cambuur Henk de Jong, menyebut keputusan itu adalah “hal paling memalukan dalam sejarah olahraga Belanda”, padahal timnya hampir pasti promosi ke Eredivisie.

Dengan mayoritas sepakbola di seluruh Eropa dihentikan karena pandemi, pembatalan kompetisi di Belanda bisa menjadi preseden karena liga lain sejatinya ingin memulai kembali dengan tanpa penonton. Namun Spee tidak . . . Gabung . . . yakin bahwa kompetisi yang ditangguhkan bisa kembali dijalankan, sekali pun tanpa penonton.

“Itu kecil,” demikian jawaban Spee ketika ditanya tentang kemungkinan liga Eropa menuntaskan musim 2019/20.

“Pada saat yang sama, saya tahu apa yang benar bagi kami – kami adalah pemain bola, kami ingin bermain – itu berlaku untuk semua rekan saya di seluruh benua.

“Dan di Inggris itu tidak jauh berbeda. Mereka sekarang berpegang pada sepotong harapan. Tapi sekali lagi, kita telah melihat bagaimana situasi ini berkembang. Apakah [menjalankan kembali kompetisi] itu realistis? Pada akhirnya mungkin tidak, tapi kita lihat nanti ke depannya.

“Sejujurnya, dengan melihat apa yang terjadi dan melihat bahwa segala sesuatunya ditunda dari minggu ke minggu, seberapa realistiskah itu dalam tiga atau empat minggu ke depan, apakah kita akan sampai pada kesimpulan yang berbeda? Tidak banyak yang saya percayai.

“Dan juga Liga Primer akan membutuhkan beberapa minggu untuk menyelesaikan kompetisi mereka. Apakah akan ada cukup waktu untuk itu? Diragukan, sangat diragukan.” pungkasnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Alex Telles

Kerap Cedera, Alex Telles Hampir Putuskan Untuk Berhenti Teruskan Karier Bolanya

Manchester – Alex Telles bergabung dengan Manchester United pada 2020 dari Porto, diirnya terikat kontrak ...