Home > Berita Bola > Pembatalan Eredivisie Belanda Ditentang FC Utrecht

Pembatalan Eredivisie Belanda Ditentang FC Utrecht

London – FC Utrecht mengancam bakal mengambil jalur hukum usai mereka gagal mengamankan tiket menuju kompetisi Eropa musim depan akibat keputusan Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) yang membatalkan Eredivisie musim ini lebih awal.

Jumat (24/04/2020), kompetisi kasta tertinggi Belanda itu – bersama dengan divisi dua, Eerste Divisie – resmi dinyatakan berakhir usai perdana menteri Mark Rutte melarang adanya kegiatan sepakbola hingga 1 September karena wabah virus corona.

Selain mengumumkan tak adanya juara di musim ini, promosi dan degradasi musim ini, juga diputuskan bahwa berdasarkan peringkat terakhir di klasemen sebelum kompetisi dihentikan, maka Feyenoord, PSV dan Willem II menyegel tiket ke Liga Europa, sementara posisi dua teratas, Ajax dan AZ Alkmaar melaju ke Liga Champions.

Gugatan yang akan diajukan oleh Utrecht berdasarkan pada peluang yang masih mereka miliki untuk bisa memetik tiket Liga Europa dengan memenangkan final Piala KNVB melawan Feyenoord. Namun, partai itu juga dipastikan tidak akan bisa dilaksanakan.

Sementara di klasemen 2019/20, Utrecht menempati posisi keenam, berjarak satu peringkat dari Willem II yang diatas mereka yang mendapat jatah paling buncit ke Liga Europa. Karena itu, mereka menyatakan akan menentang keputusan yang telah dibuat.

“FC Utrecht tidak menerima keputusan yang dipakai untuk menentukan kualifikasi menuju kompetisi Eropa,” . . . Gabung . . . tulis klub melalui pernyataan resmi. “FC Utrecht tidak ragu untuk menentang keputusan yang tidak memberikan tempat [ke Eropa] kepada kami sebelum pengadilan olahraga dan UEFA.”

“Setelah korespondensi tertulis hari ini, KNVB mengumumkan melalui panggilan konferensi bahwa jatah menuju Eropa dialokasikan kepada urutan 1 sampai 5 dalam klasemen Eredivisie saat ini.”

“Tidak bisa diterima oleh FC Utrecht bahwa turnamen piala domestik, dengan partai final yang belum dimainkan, benar-benar diabaikan dan tidak diperhitungkan dalam pertimbangan untuk menentukan klub mana yang berhak atas tiket menuju Eropa dengan pencapaian aspek olahraga.”

“Tiket penyisihan grup Liga Europa akan diberikan kepada Feyenoord tanpa penjelasan berdasarkan klasemen liga. FC Utrecht berhak atas tiket tersebut sebagai sesama finalis Piala KNVB (dan bahkan lebih berhak karena memenangkan piala lebih banyak ketimbang Feyenoord), yang tidak diperhitungkan dalam keputusan hari ini.” pungkasnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Moment Prancis Juara UEFA Nations League Menjadi Spesial Bagi Antoine Griezman

Jakarta – Dalam laga final UEFA Nations League yang digelar di San Siro, Minggu (10/10/2021) ...