Home > Berita Liga Spanyol > Barcelona > Mengintip Total Penghasilan dan Kekayaan Lionel Messi

Mengintip Total Penghasilan dan Kekayaan Lionel Messi

Musim 2018/19 adalah musim pertama saat Lionel Messi mendapatkan peran kapten secara penuh di Barcelona setelah Andres Iniesta hengkang. Penyerang asal Argentina itu menjadi pemain dengan gaji termahal di La Liga Spanyol pada November 2017 setelah menyepakati perpanjangan kontrak di Camp Nou sampai 2021.

Terlepas performanya yang kurang maksimal di pentas internasional bersama tim Tango, Messi tetap menjadi tulang punggung Barcelona. Tapi seberapa besar nilai Messi saat ini?

Walau sulit mengetahui jumlah tepatnya, kami bisa mengakumulasi cukup banyak informasi dari apa yang sudah dilaporkan dan membandingkannya dengan sang rival, Cristiano Ronaldo.

Berapa banyak kekayaan bersih Lionel Messi?

Kekayaan bersih Messi diperkirakan sekitar £309 juta ($400 juta) pada 2020. Walau begitu, angka ini spekulatif, terutama karena minat bisnisnya tidak banyak dipublikasikan.

Forbes menempatkan Messi di urutan pertama di antara para atlet dalam daftar 100 selebritis dengan penghasilan terbanyak pada 2019, total penghasilannya pada tahun itu sebanyak $127 juta (£98 juta), dan menempati posisi empat secara keseluruhan, membuatnya menjadi pesepakbola dan atlet dengan penghasilan tertinggi di dunia.

Dia unggul $18 juta dari Ronaldo dan $22 juta dari Neymar, atlet berikutnya di dalam daftar. Paket gaji terakhir penyerang Barcelona itu akan tetap membuatnya berada di dalam daftar pesepakbola aktif terkaya di dunia dalam beberapa tahun ke depan.

Berapa gaji Lionel Messi?

Kontrak terakhir Messi dikabarkan memiliki nilai sebesar £500 ribu (€565 ribu) atau Rp9,5 miliar PER PEKAN. Ironisnya, Messi harus berterima kasih kepada Neymar atas meningkatnya nilai kontraknya di Barcelona. Kepergiannya ke Paris Saint-Germain tidak hanya membuat Barca mendapatkan dana besar tapi juga membuat beban gajinya menghilang.

Sebelum itu, saat presiden klub Josep Maria Bartomeu bersikeras bahwa kesepakatan sudah tercapai walau faktanya belum ada yang ditanda tangani Barca mengakui gaji baru Messi akan membuat pengeluaran gaji mereka melebihi batas rekomendasi UEFA.

“LFP dan UEFA membuat rekomendasi tapi tidak ada yang menentukan batas gaji,” kata Bartomeu.

“Kami berada di atas apa yang direkomendasikan tapi yang penting adalah tetap berkelanjutan. Kami bisa mengatasinya.”

Apa saja kesepakatan sponsor yang dimiliki Lionel Messi?

Seperti Ronaldo, Messi memiliki banyak ikatan kontrak dengan sponsor tapi yang paling siginifikan adalah dengan pembuat sepatunya. Rivalitas di atas lapangan Messi (Adidas) dengan Ronaldo (Nike) berlanjut di luar lapangan.

Beberapa bulan setelah Ronaldo menandatangani kontrak “jangka panjang” dengan Nike pada 2016 yang menurut rumor juga didapatkan oleh bintang basket James LeBron dengan potensi nilai sebesar $1 milyar, Messi juga melakukan hal yang sama dengan Adidas.

Isi kontrak secara pasti tidak diumumkan, tapi laporan . . . Gabung . . . di Spanyol mengindikasikan bahwa itu akan bertahan setidaknya sampai mendekati masa pensiun sang pemain.

Messi juga menjadi bagian dari kampanye iklan Pepsi, Gillette dan maskapai Turki. Sebagai bagian dari daftar selebritas terkaya 2019, Forbes menaksir nilai endorsement Messi pada tahun tersebut mencapai $35 juta.

Apa bisnis yang dimiliki Lionel Messi?

Bagian dari daya tarik Messi, tentu saja, adalah citranya sebagai pesepakbola murni yang tidak begitu tertarik dengan gaya hidup mewah yang tersedia untuknya di luar lapangan.

Kurangnya keinginan untuk menggeluti bidang lain dan menciptakan merek pribadi ternyata juga menjadi sebuah merek tersendiri bagi dirinya, dan itu menarik perhatian sponsor. Tapi dengan Messi tidak terjun ke bidang bisnis pakaian dalam, sepatu dan parfum seperti Ronaldo, dia memilih berinvestasi pada properti.

Di sekitar tempat kelahirannya, Rosario, Argentina, ia turut menempatkan uang pada proyek Azahares del Parana (pemukiman mewah di sekitar kota) dan juga di apartemen tengah kota. Sudah hampir pasti ada lagi dan mungkin lebih banyak lagi, tapi, seperti kepribadian Messi ia lebih senang menutupinya.

Apa kegiatan amal yang dilakukan oleh Lionel Messi?

Seperti ketertarikannya pada bisnis, kegiatan amal Messi cukup besar tapi difokuskan melalui sumber dan lembaga yang ia percaya. Dia memiliki organisasi pribadi, Leo Messi Foundation, yang dia minta para tamu pernikahannya memberikan donasi ke sana daripada memberinya hadiah saat Messi menikahi Antonella Roccuzzo.

Inisiatif yang didukung Messi pada umumnya berkaitan dengan anak-anak miskin dan kesehatan mereka, dan ia ditunjuk sebagai duta Unicef pada 2010 setelah bekerja sama dengan mereka sejak 2004.

Berapa banyak pengikut media sosial Lionel Messi?

Messi amat sangat populer di Facebook dan Instagram tapi tidak memiliki akun pribadi di Twitter, untuk memberi tempat kepada ‘Team Messi’, akun yang diciptakan oleh Adidas. Bagaimanapun juga, dia berada di urutan kedua setelah Ronaldo kalau berbicara mengenai pengaruh di media sosial.

Messi memiliki page Facebook terpopuler kedua di antara atlet semua olahraga, dengan sekitar 90 juta like, dan tokoh pria paling banyak diikuti nomor tiga di Instagram (sekitar 149 juta) setelah Ronaldo dan Dwayne Johnson. Sebagai perbandingan, Ronaldo memiliki sekitar 122 juta like di Facebook dan 215 juta pengikut di Instagram.

x

Check Also

Josep Maria Bartomeu : Melepas Messi Adalah Keputusan Yang Buruk!

Barcelona – Saat ini Barcelona sedang mengalami kesulitan akibat kepergian Lionel Messi. Mantan Presiden Barca ...