Home > Berita Bola > Mengintip Total Pendapatan dan Kekayaan Neymar

Mengintip Total Pendapatan dan Kekayaan Neymar

Neymar mungkin belum menyentuh setengah perjalanan kariernya, tapi dia berada di antara jajaran atlet dengan bayaran tertinggi di jagat raya ini. Superstar PSG itu sudah mengemas 250 gol di level klub dan mengoleksi setengah abad gol untuk timnas Brasil.

Keputusannya meninggalkan Barcelona untuk merapat ke Paris membuat dia jadi pesepakbola Eropa dengan gaji terbesar. Mantan bintang Santos ini pun berada di jalur yang tepat untuk menjadi olahragawan terkaya di masanya.

Tapi pertanyaannya kemudian, berapa total penghasilan dia bila dibandingkan dengan para megabintang seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo?

Berapa kekayaan bersih Neymar?

Kekayaan bersih Neymar dilaporkan mencapai sekitar €110 juta [£95 juta/$123 juta], naik dari kekayaan dia sebelumnya, €90 juta, sebelum membuat rekor transfer dengan pindah ke Paris. Angka ini tentu masih jauh dibandingkan milik Ronaldo dan Messi.

Tapi di usianya sekarang, nominal di atas tetap terhitung sangat impresif. Mengingat kekuatan dari penghasilannya, kekayaan Neymar ditaksir masih bisa terus meningkat. Menurut Forbes, dia bisa memperoleh $90 juta [£70 juta] antara gaji dia di PSG dan berbagai endorsement.

Statusnya di lapangan dan popularitasnya yang sudah bertahan lama, terutama di Brasil, dapat memastikan mantan anak ajaib Santos ini mengikuti jejak para rivalnya itu dan menjadi salah satu pemain terkaya di generasinya.

Berapa gaji Neymar?

Menurut informasi yang diungkap oleh Football Leaks, Neymar jadi pemilik gaji tertinggi kedua saat ini di belantika sepakbola. Dia berada di belakang Carlos Tevez. Neymar bisa menghasilkan €36,8 juta (£32 juta/$41 juta) dalam setahun di Parc des Princes, yang berarti dia memiliki lebih dari €700 ribu per pekan.

Jauh dari apa yang didapatkannya saat di Barca pada 2016, yaitu €300 ribu dalam sepekan. Sekarang, dia pun nyaman berada di depan Ronaldo dan Messi, sekali pun memperhitungkan kenaikan gaji nama terakhir dalam kontrak baru yang ditekennya di Camp Nou November silam.

Ada pun Tevez sempat seperti raja semalam di Super League Tiongkok pada 2017 lalu. Setidaknya saat itu, dia jadi satu-satunya pemain yang gajinya berada di depan Neymar. Mantan pemain Manchester City itu memperoleh €38,4 juta dalam setahun di Shanghai Shenhua sebelum pulang ke Boca Juniors pada Januari 2018 lalu.

Kesepakatan sponsors apa yang dimiliki Neymar?

2016 lalu, Forbes . . . Gabung . . . memperkirakan pendapatan Neymar dari endorsement mencapai $21 juta [€18 juta] per tahun, membuat dia berdasarkan gajinya di Barca saat itu jadi satu-satunya pesepakbola aktif yang perolehannya lebih besar di luar daripada di dalam lapangan.

Ada pun endorsement Ronaldo dan Messi saat itu masing-masing menyumbang 36% dan 34% terhadap pendapatan mereka, sementara Neymar memberi 61% dari gaji dia.

Tapi hitung-hitungan di atas sudah berubah sejak sang striker bergabung PSG, tapi statusnya masih “kelas berat” dalam urusan marketing terutama karena sosok ikonis dia di Brasil, di mana dia muncul di hampir setiap produk yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Sementara, Messi tidak selalu sepopuler yang Anda bayangkan di Argentina, demikian juga Ronaldo yang datang dari Portugal, negara yang jauh lebih kecil.

Neymar adalah idola bagi 200 juta orang. Di antara dari banyak kesepakatan sponsor dengan dia meliputi kemitraan di Nike, Gillette, Beats Electronics dan Red Bull.

Bisnis apa yang dijalankan Neymar?

Neymar merambah bidang selain sepakbola, di antaranya tampil di film ‘xXx: Return of Xander Cage’ dan merilis emoji versi dirinya untuk diunduh.

Kegiatan amal apa yang dilakukan Neymar?

Neymar sudah membuka Instituto Projeto Neymar Jr di lingkungan tempat dia menghabiskan masa kecilnya, Jardim Gloria, di kota Praia Grande. Ini adalah fasilitas yang bertujuan untuk membantu mengubah kehidupan anak-anak miskin di wilayah ini melalui sebuah inisiatif pendidikan, artistik dan olahraga, yang membantu perkembangan mereka dan memberi kesempatan untuk memenuhi potensi mereka.

Instituto Projeto Neymar Jr saat ini melayani 2.470 anak-anak beserta keluarga mereka.

“Saya tidak bisa datang ke Brasil, dan tidak berkunjung [ke institusi garapannya],” kata Neymar tahun lalu saat pulang kampung, menghadiri pesta ulang tahun adiknya, Maret lalu.

“Ini adalah impian keluarga saya dan saya selalu bahagia setiap saat saya berkunjung, membuat saya ingin terus mengembangkan ini dan melakukan dengan cara yang tepat,” katanya.

x

Check Also

Ingin Pensiun Dari Timnas Brasil, Neymar Dituding Tak Punya Daya Juang

Paris – Mantan pemain Paris Saint Germain (PSG), Jerome Rothen, mengkritik pernyataan Neymar yang ingin ...