Home > Berita Bola > Mengenal Dino Maamria, Pelatih Muslim Pertama Yang Berkarir di Inggris

Mengenal Dino Maamria, Pelatih Muslim Pertama Yang Berkarir di Inggris

Tentu banyak orang yang bisa meyebutkan para pemain muslim yang pernah bermain di Inggris. Mulai dari Ozil, Pogba, sampai Salah, semuanya menjadi pemain muslim yang suskes di Inggris. 

Tapi, bagaimana dengan posisi pelatih? Amat jarang memang kita mendengar ada pelatih muslim di sepak bola Inggris baik itu kasta atas maupun bawah. 

Tapi, bukan berarti sepak bola Inggris tidak pernah memiliki pelatih muslim. Di masa lalu, sepak bola Inggris pernah memiliki pelatih muslim pertamanya yang bernama Noureddine ‘Dino’ Maamria.

Dino Maamria mulai turun ke dunia kepelatihan di Inggris dengan membesut klub kasta kelima Inggris, Northwich Victoria. Maamria memulainya sebagai caretaker klub pada 2007 sampai 2008. 

Nama Dino Maamria memang belum terkenal karena pelatih berusia 48 tahun itu lebih sering menghabiskan karier kepelatihan di kasta bawah Liga Inggris. 

Setelah sempat tenggelam, ia kembali muncul untuk kembali menangani klub gurem Southport pada tahun 2015-2016. Kemudian dilanjutkan dengan membesut Nuneaton Town pada 2017 sampai 2018 sampai akhirnya berlabuh di klub Oldham Atlhletic di League Two. 

Darah Tunisia

Akrabnya Maamria dengan sepak bola Inggris memang tidak terlepas dari masa lalunya yang merupakan mantan pemain. Dino Maamria dilahirkan di Gafsa, Tunisia, pada 26 Mei 1971. Dino Maamria yang bermain di posisi striker memulai kariernya di Inggris pada 1996 saat dipinang oleh Burnley. 

Bergabungnya ia ke Burnley memang cukup unik. Berawal dari penampilannya di klub lokal Tunisia, AS . . . Gabung . . . Marsa, pada 1996, kemampuan Maamria tertangkap oleh mata pemandu bakat Burnley, Brian Miller. 

Saat itu Brian Miller sedang berlibur di Tunisia dan tidak sengaja melihat pertandingan AS Marsa melawan Etoile Sportive du Sahel yang terletak di resor wisata utara Tunisia. 

Dari situ, ia mendapat kesempatan trial di Burnley. Setelah mencetak gol dalam pertandingan uji coba melawan Bradford City, ia langsung disodori kontrak jangka panjang. 

Tapi, takdir berkata lain. Brian Miller gagal mencatatkan satu pertandingan debut pun karena mengalami cedera panjang. Maamria pun dilepas oleh Burnley dan berlabuh ke klub gurem di IFA Premiership, Glentoran. 

Setelah itu kariernya dihabiskan di sepak bola kasta bawah Inggris dengan membela Doncaster Rovers, Southport, Stevenage, sampai Northwich Victoria. 

Dari total 303 pertandingan, ia mencetak 92 gol. Sebuah statistik yang lumayan. Maamria pun sekarang sedang merajut mimpi menjadi pelatih di kasta atas Liga Inggris. Kalau mimpinya terwujud, maka dipastikan ia akan menjadi fenomena tersendiri di Liga Primer Inggris.

x

Check Also

Prediksi Lazio vs Marseille,UEFA Legue 2021/22, 21 Oktober 2021

Jakarta – Pada matchday 3 Grup E UEFA  League atau Liga Europa 2021/22, akan mempertemukan ...