Home > Berita Bola > Mengapa Tendangan Bebas Ronaldo Tak Lagi Bahaya ? Peneliti Berikan Jawaban Ini

Mengapa Tendangan Bebas Ronaldo Tak Lagi Bahaya ? Peneliti Berikan Jawaban Ini

Cristiano Ronaldo tidak bisa dipungkiri lagi memang merupakan salah satu predator paling berbahaya dalam hal tendangan bebas. Tapi itu dulu, karena sekarang, Ronaldo bisa dibilang tendangan bebasnya tidak lagi berbahaya.

Pemain asal Madeira, Portugal itu belum mencetak tendangan bebas sejak final Piala Dunia antar klub tahun 2017. Bahkan sejak tahun 2014, Ronaldo hanya mencetak sembilan gol dari 174 percobaan tendangan bebasnya yang menjadikannya salah satu penendang tendangan bebas terburuk dalam periode itu.

Sudah enam tahun tendangan bebas Ronaldo tidak lagi bahaya. Lalu apa sebabnya? Seorang peneliti olahraga membeberkan beberapa faktor yang membuat sepakan Ronaldo tidak lagi bahaya.

Dr. Rajpal Brar menganalisa setiap perubahan tendangan bebas Ronaldo di saluran Youtube 3CB Performance. Video berdurasi 10 menit ini membahas banyak hal, mulai dari teknik tendangan bebas Ronaldo yang ikonik, cedera tubuh di bagian bawah, sampai penurunan psikologis seorang Ronaldo.

Satu-satunya yang tidak hilang dari tendangan bebas Ronaldo adalah soal kekuatannya. Tapi jelas, bola yang ditendang kurang mengangkat dan tidak ada pergerakan tidak terduga dari bola yang disepak Ronaldo.

Jelas kekurangan ini terjadi dari beberapa hal seperti kekuatan ayunan kaki Ronaldo, kontak poin dengan bola, sudut tekukan kaki Ronaldo, dan laju putaran bola.

Selain itu, karakteristik setiap bola yang digunakan juga terbukti menjadi pengaruh betapa buruknya sepakan Ronaldo. Saat berkarier di Manchester United, Real Madrid, dan Juventus, Ronaldo sudah mencicipi berbagai . . . Gabung . . . jenis bola.

Di Liga dan cup, dia menggunakan bola Nike sedangkan di Liga Champions dia menggunakan bola Adidas. Selama enam tahun terakhir, bola memang tidak mengalami perubahan besar.

Tentunya kalau menganggap bola adalah penyebab utama yang mempengaruhi kemampuan tendangan bebas Ronaldo, mungkin ini adalah hal yang keliru.

Cedera dan Perubahan Struktur Latihan CR7

Memiliki usia tidak muda lagi, Ronaldo sudah mengalami sejumlah cedera di tubuhnya khususnya di bagian bawah sehingga mungkin membuatnya kurang dalam hal tekanan hingga berdampak negatif pada tendangannya.

Selain itu masalah psikologis juga menurut Dr. Brar menjadi salah satu yang mungkin akan berpengaruh. Saat ini mungkin ada ketidak percayaan diri saat dia mengeksekusi tendangan bebas sampai membuatnya cemas.

Butuh treatment khusus untuk mengubah siklus latihannya agar mental dan kepercayaan dirinya sebagai eksekutor kembali. Salah satu studi soal rutinitas latihan dan psikologis terbukti pada pemain NBA, DeAndre Jordan yang bertahun-tahun berjuang memperbaiki lemparan bebasnya sampai akhirnya sukses mengembalikan kecemerlangannya.

x

Check Also

Barcelona Akan Bertemu Boca Junior Untuk Kenang Diego Maradona

Jakarta – Untuk mengenang Diego Maradona, Barcelona akan berduel dengan Boca Juniors, di Arab Saudi ...