Home > Berita Liga Indonesia > Lanjutkan Kompetisi Tanpa Penonton Tak Menjadi Pilihan PSSI

Lanjutkan Kompetisi Tanpa Penonton Tak Menjadi Pilihan PSSI

Jakarta – Liga 1 2020 ikut terkena dampak pandemi virus corona yang meluas di dunia, termasuk di Indonesia. PSSI sudah menangguhkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 sejak 16 Maret, dengan status force majeure.

Sejauh ini, PSSI dan juga PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi profesional Indonesia, masih menanti situasi karena Covid-19 ini bisa membaik. PSSI memberi tenggat hingga 29 Mei nanti.

Jika memang keadaan belum juga mereda, dan pemerintah tidak mengatakan demikian, maka bisa saja kompetisi 2020 dibatalkan. PSSI sendiri tidak mempertimbangkan opsi untuk menggelar kompetisi tanpa penonton.

“Saya pikir Indonesia belum akan mencontoh negara lain yang melakukan itu tertutup. Contoh laga yang diputuskan digelar tanpa penonton dan sudah disosialisasikan jauh-jauh hari saja, masih didatangi oleh ribuan fans,” ucap Moch. Iriawan, ketua umum PSSI, diberitakan laman Antara.

“Mereka tetap rela mendukung tim kesayangannya dengan . . . Gabung . . . hanya bernyanyi di luar stadion tanpa bisa melihat pertandingan itu sendiri,” sambung Iriawan.

Di Eropa, seperti Jerman contohnya, kompetisi Bundesliga kemungkinan bakal kembali kick-off dengan suporter terbatas. Namun, tetap muncul kekhawatiran dari pihak keamanan, bahwa hal semacam itu tetap membuat risiko masa berkumpul.

“Ada kekhawatiran kalau PSSI tetap memutar liga dengan tanpa penonton, para suporter tetap akan datang berkerumun, dan itu menyalahi sosial distancing yang sedang dijalankan pemerintah,” tukas Iriawan. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

PSG Pati Targetkan Juara Liga 2 2021

Jakarta – PSG Pati pasang target tinggi menjelang akan dimulainya kompetisi Liga 2 2021, yang ...