Home > Berita Bola > Konsistensi Supardi di Usia Yang Tak Lagi Muda

Konsistensi Supardi di Usia Yang Tak Lagi Muda

Kapten Persib Bandung, Supardi Nasir Bujang adalah salah satu pemain yang paling konsisten tampil 90 menit walau memiliki usia yang tidak lagi muda. Pemain bek Persib Bandung ini selama tiga pekan pertama Shopee Liga 1 2020 sudah tampil selama 269 menit.

Dengan catatan waktu itu, tentu itu adalah penampilan luar biasa dari pentolan Persib Bandung itu. Pemain yang tidak muda lagi dan berusia 37 tahun itu hanya tampil penuh dari dua petandingan saat bermain di kandang di Stadion Si Jalak Harupat.

Pada dua pertandingan, ia tampil penuh saat menghadapi Persela Lamongan (3-0), dan melawan PSS Sleman (2-1). Sementara saat tandang melawan Arema FC, Supardi tidak bisa bermain penuh karena ia segera ditarik pada menit ke 89 setelah dirinya mengalami gangguan di kepalanya.

Saat itu pemain kelahiran Bangka 9 April itu berbenturan dengan pemain lawan, dan langsung digantikan oleh Fabiano Beltrame. Di usia yang tidak muda lagi ini, tentu Supardi menjadi salah satu sosok yang masih bisa tampil konsisten di dua babak saat pertandingan.

Tentu hal itu tidak akan bisa dilakukan apabila ia tidak bisa menjaga kunci utamanya yaitu kebugaran diri yang tetap dijaganya. Bahkan hebatnya lagi sang kapten Persib itu tidak pernah absen dari pertandingan karena cedera.

Tidak hanya itu, Supardi selalu tampil luar biasa saat memperkuat tim asuhan Robert Rene Alberts itu. Di mana selama memperkuat tim kebanggaan warga Bandung itu tidak pernah mengantongi satu pun kartu merah, walaupun kartu kuning sering mengampirinya.

Pada . . . Gabung . . . kompetisi Liga 1 2020 ini, Supardi sudah mengkantongi dua kartu kuning. Hal yang perlu diapresiasi dari pemain berpnomor punggung 22 ini adalah saat ia berhasil tampil memukau walaupun sudah tidak dalam kondisi muda.

Liga 1 2019, Supardi Nasir tampil secara maksimal dengan mencatat 2778 menit dari 31 pertandingan yang ia jalanin. Catatan luar biasa yang dimiliki dari kapten Persib Bandung itu pun tertera dengan bagus. Bagaimana tidak setiap tahunnya atau pergantian musim ia bisa mencatat penampilan dengan bagus dan tidak mengecewakan.

Pada 2018, ia tampil selama 2363 menit dari 27 pertandingan yang ia jalani selama semusim. Sedangkan pada tahun 2017, Supardi sukses tampil selama 2048 menit dari 25 pertandingan yang dijalaninnya. Supardi Nasir menjadi salah satu pemain yang tampil paling konsisten walau tidak lagi berada di usia muda.

Dengan catatan musim ini sebelum liga ditunda, ia tampil lebih bagus dari apa yang dicapai oleh rekannya yang memiliki umur lebih muda. Supardi memimpin menit bermainnya dari Zalnando, Henhen Hediana, Mario Jardel, Gian Zola, dan pemain muda yang lainnya.

x

Check Also

Mesut Ozil Kembali Kesal Pada Saat Laga Kontra Royal Antwerp

Jakarta – Mesut Ozil kembali menunjukan kekesalannya di lapangan pada saat laga Liga Europa melawan ...