Home > Berita Bola > Bomber Persija Idolakan Mantan Punggawa Timnas Prancis Ini

Bomber Persija Idolakan Mantan Punggawa Timnas Prancis Ini

Bomber andalan Persija Jakarta, Marko Simic, menyebutkan 11 pemain terbaik dunia versi dirinya. Ia memilih Claude Makelele di posisi pemain bertahan. Nama 11 pemain terbaik dunia versi dirinya itu disebut penyerang Persija Jakarta, Marko Simic, lewat akun Youtube Persija Jakarta.

Marko Simic menyebutkan satu per satu 11 pemain terbaiknya, mulai dari David de Gea di posisi kiper sampai Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di lini depan.

Tapi, ada satu yang menarik dari pilihan-pilihan salah satu pencetak gol terbaik di Liga 1 itu. Claude Makelele dipilih Simic untuk mengisi posisi pemain bertahan dalam best eleven versi dirinya.

Claude Makelele memang dikenal sebagai salah satu pemain jangkar terbaik yang pernah menghiasi panggung sepak bola dunia. Karier paling cemerlangnya tentu saat membela Real Madrid pada selang 2000-2003 dan Chelsea pada musim 2003-2008.

“Makelele adalah baterai arloji saya,” begitu kata pelatih Chelsea saat itu, Claudio Ranieri, menyebut pentingnya peran Makelele.

Selama berkostum Chelsea, Makelele berhasil mempersembahkan dua gelar juara Liga Inggris dan satu Piala FA. Sebelum datang ke Chelsea, Claude Makelele merupakan seorang pemain penting juga di Real Madrid.

Di masa baktinya dengan Real Madrid, ia mempersembahkan tujuh gelar termasuk trofi Liga Champions musim 2001-2002. Sayang, rencana Real Madrid membangun klub megabintang Los . . . Gabung . . . Galacticos membuat dirinya harus tersingkir dari tim El Real.

Kedatangan David Beckham pada musim 2003 ke Santiago Bernabeu disinyalir menjadi alasan Presiden Real Madrid, Florentino Perez, mendepaknya. Kehilangan sosok Makelele ternyata malah membuat prestasi Real Madrid goyah.

Di akhir musim 2003-2004 mereka hanya finis di urutan ke-4 klasemen La Liga. Merujuk apa yang dialami Real Madrid saat itu, Zinedine Zidane dalam komentarnya mengatakan “Mengapa membeli lapisan emas pada mobil Bentley ketika Anda harus kehilangan mesinnya?”

Peran yang dimainkan Claude Makalele sebagai seorang holding midfielder ini bahkan mempopulerkan apa yang disebut Makelele Role. Tidak heran kalau Marko Simic memilih sosok Claude Makelele sebagai pemain bertahan dalam tim terbaik versi dirinya.

“Banyak pemain bagus di posisi ini (pemain bertahan) yang setipe dengannya, tapi saya rasa Makelele adalah yang terbaik,” kata pemain asal Kroasia itu.

x

Check Also

Messi

Ronaldinho Komentari Keberadaan Messi di PSG

Paris – Kendati sudah berpisah dari dunia sepak bola sejak lama, Ronaldinho ternyata masih mengikuti ...