Home > Berita Bola > Virus Corona Membuat Piala AFF U-16 dan U-19 Terpaksa Ditunda

Virus Corona Membuat Piala AFF U-16 dan U-19 Terpaksa Ditunda

Merebaknya pandemi virus corona yang juga melanda Asia Tenggara termasuk Indonesia membuat Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) bergerak cepat dengan menunda beberapa kejuaraan termasuk Piala AFF U-16 dan U-19 yang sedianya diadakan di Tanah Air.

Seperti dilansir laman resmi AFF yang dipantau di Jakarta, Kamis, selain dua kejuaraan itu, pelaksanaan Piala AFF Putri U-18 di Indonesia juga akan ditunda. Satu kejuaraan lagi yang ditunda adalah Piala AFF Putri di Vietnam.

Piala AFF U-16 di Indonesia sesuai dengan rencana diadakan pada Juli dan sebulan berikutnya Piala AFF U-19. Sedangkan untuk Piala AFF Putri U-18 akan berlangsung Juni.

“Ini adalah waktu yang belum pernah terjadi di seluruh dunia, termasuk keluarga dan komunitas sepak bola kami, tapi kami akan melewatinya bersama,” kata Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth dalam keterangan resminya.

Pihaknya menyadari kalau sepak bola pasti mendatangkan massa yang dinilai bisa memicu penularan virus corona yang saat ini merebak khususnya di kawasan Asia Tenggara.

“Resiko penularan penyakit pada kerumunan massa sangat tinggi. Makanya kami sudah membuat keputusan untuk menunda dan kalau dibutuhkan kami . . . Gabung . . . akan membatalkan kejuaraan ini demi melindungi keselamatan dan kesehatan semua pihak,” katanya menambahkan.

Selain kejuaraan itu, masih banyak kejuaraan yang menjadi tanggung jawab AFF yaitu Piala AFF Putri U-15 di Indonesia pada September, Piala Futsal AFF, Piala Futsal AFF Antarklub, dan Sepak Bola Pantai Piala AFF di Thailand. Hanya saja pelaksanaannya tetap sesuai jadwal.

Begitu juga dengan Piala AFF 2020, kejuaraan senior ini masih sesuai dengan jadwal yaitu November mendatang.

“Karena situasinya terus berkembang, kami akan terus mencermati dan tidak akan ragu untuk melakukan perubahan pada jadwal kami kalau perlu. AFF akan selalu memprioritaskan kesejahteraan keluarga dan komunitas kami,” kata Mayor Jenderal Sameth.

x

Check Also

Ide Wenger Tentang Piala Dunia 2 Tahun Sekali Akan Dibahas Dalam Rapat FIFA

Jakarta – Wenger kembali memperluas idenya selama konferensi virtual dengan media Internasional pada Kamis lalu.Wenger ...