Home > Berita Bola > Subsidi Untuk Klub Liga 1 Naik Jadi Rp 5,2 Miliar

Subsidi Untuk Klub Liga 1 Naik Jadi Rp 5,2 Miliar

Direktur Utama PT LIB, Cucu Somantri, mengatakan bahwa klub-klub Liga 1 2020 akan mendapatkan kenaikan subsidi dari PT Liga Indonesia Baru (LIB). Walaupun ada peningkatan, tapi angkanya tidak signifikan mengingat PT LIB harus membayar utang musim kompetisi sebelumnya.

Pada musim 2019, subsidi untuk klub mencapai Rp5 miliar dan musim ini terjadi peningkatan Rp200 juta kecuali untuk klub-klub yang jauh secara geografis.

“Untuk klub-klub yang cukup jauh ada tambahan lagi yang kami berikan. Tambah Rp500 juta, jadi jumlah totalnya Rp5,7 miliar,” kata Cucu Somantri pada pertemuan manajer Liga 1 2020 di Hotel Century, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

“Kondisi ini disesuaikan dengan perhitungan keuangan kami karena kami juga berusaha untuk menyelesaikan utang-utang sebelumnya.”

“Makanya tidak ada kenaikan yang cukup signifikan. Karena kalau ditingkatkan signifikan, tapi utang tidak dibayar, maka sama saja dengan sebelum-sebelumnya. Tidak ada perbaikan,” kata Cucu.

Sebelumnya, setiap klub Liga 1 2019 mendapatkan dana subsidi sebesar Rp5 miliar. Perinciannya untuk pembiayaan klub dan untuk pemain muda mendapatkan . . . . . . Rp2,5 miliar. Sementara untuk Liga 1 2020, regulasi untuk pemain muda U-23 sudah tidak ada lagi.

Cucu juga mengatakan bahwa untuk utang musim 2017-2018, pihaknya akan membayar secara bertahap. Berapa jumlah klub yang akan mendapatkan pembayaran utang menurutnya akan disesuaikan dengan uang yang diperoleh oleh PT LIB nanti.

“Untuk musim ini tetap ada uang pembinaan untuk Liga 1 dan Liga 2. Untuk Elite Pro Liga 1 jumlah peningkatannya akan dikomunikasikan lagi dengan PSSI. Yang terpenting ada peningkatan, walau sedikit. Asal jangan berkurang,” kata Cucu lagi.

x

Check Also

Ronaldo

Usia Sudah Tidak Lagi Muda, Cristiano Ronaldo Tetap Tokcer Di MU Dan Semakin Kaya Raya

Jakarta – Saat ini pemain bintang Cristiano Ronaldo sudah memasuki usia 36 tahun, dirinya kini ...