Home > Berita Bola > Soal Aturan Offside, Wenger Usulkan Perubahan Ini

Soal Aturan Offside, Wenger Usulkan Perubahan Ini

London – Eks pelatih Arsenal, Arsene Wenger, mengusulkan kepada FIFA untuk merubah aturan off-side demi menyudahi kontroversi VAR selama ini.

Wenger ingin seorang pemain berada dalam posisi on-side jika ada bagian tubuhnya yang bisa mencetak gol, di belakang atau sejajar dengan bek yang terakhir.

Usulan itu dilontarkan oleh Wenger menyusul sejumlah keputusan VAR yang menyebabkan gol dibatalkan karena pemain telah sedikit off-side.

Yang terbaru adalah saat gol sundulan Olivier Giroud kontra Manchester United, Selasa (18/02/2020) dini hari WIB, dianulir karena bagian dari sepatu kanannya dinilai telah off-side. Sebelumnya, gol pemain Liverpool, Roberto Firmino, juga dianulir karena bagian tangan bawahnya yang off-side versus Aston Villa.

Aturan saat ini menyatakan, pemain dalam posisi off-side jika: “Setiap bagian dari kepala, badan, atau kaki berada di pertahanan lawan (tidak termasuk garis tengah) dan ada bagian dari kepala, tubuh, atau kaki yang lebih dekat dengan garis gawang lawan daripada bola dan dua pemain lawan terakhir.”

Wenger, yang kini menduduki jabatan sebagai kepala pengembangan global FIFA, berharap . . . . . . perubahan itu bisa dilakukan untuk putaran final Euro 2020.

Salah satu tugas Wenger adalah memantau International Football Association Board (IFAB), panel yang membuat aturan sepakbola. Rencananya, usulan sang pelatih senior asal Prancis itu akan dibahas pada 29 Februari mendatang.

“Anda tidak akan off-side jika ada bagian tubuh yang bisa mencetak gol segaris dengan bek terakhir, bahkan jika bagian lain dari tubuh penyerang ada di depan,” ujar Wenger kepada The Sun.

“Itu akan menyelesaikan persoalan dan Anda tidak akan lagi memiliki keputusan-keputusan tentang milimeter dan selisih tipi penyerang berada di depan garis pertahanan.” pungkasnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Laos Kini Punya Pelatih Baru Asal Jerman

Jakarta – Setelah gagal di ajang Piala AFF 2020, Laos langsung memecat pelatih lama V. ...