Home > Berita Bola > Langkah Serius PSSI Usung VAR Untuk Liga 1

Langkah Serius PSSI Usung VAR Untuk Liga 1

Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Somantri, mengatakan salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas pertandingan adalah dengan mempersiapkan pelatihan VAR yang rencananya akan mulai digunakan di Liga 1 2021. Video Assistant Referee (VAR) kemungkinan baru bisa digunakan di Liga 1 musim depan.

Walau begitu, pelatihan VAR sudah mulai diadakan oleh PSSI dari sekarang. Menjelang Liga 1 2020 bergulir, PT LIB (Liga Indonesia Baru) berusaha keras untuk meningkatkan kualitas wasit. Kebetulan kualitas wasit selalu menjadi sorotan dalam beberapa musim terakhir Liga 1.

Untuk meningkatkan kualitas wasit, pihak PT LIB sudah menyiapkan beberapa peralatan untuk membantu kinerja para pengadil pertandingan. Misalnya alat komunikasi seperti headphone, yang diharapkan bisa membantu wasit mengambil keputusan lebih cepat bersama hakim garis.

“Untuk VAR belum bisa diterapkan musim ini. Hari ini sudah ada pertemuan dengan perwakilan FIFA dan AFC untuk membahas kesiapan pelatihan VAR,” kata Cucu Somantri setelah pertemuan manajer Liga 1 2020 di Hotel Century, Senayan, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

“Ternyata untuk menjalankan VAR itu tidak gampang. VAR-nya gampang disediakan, tapi personel yang mengoperasikan VAR sulit,” katanya.

Demi menggunakan teknologi VAR pada Liga 1 . . . . . . 2021, PSSI dan PT LIB terus bekerja untuk memenuhi aspek-aspek yang dibutuhkan. Cucu mengaku VAR ternyata tidak gampang digunakan walaupun alatnya mudah didapatkan. Pasalnya, yang mengoperasikan peralatan itu perlu menjalani pelatihan selama 9 bulan.

Cucu juga menjelaskan untuk penerapan teknologi VAR sudah terpikirkan sejak lama sehingga saat ini pihaknya masih mempersiapkan sumber daya manusianya untuk mengikuti kepelatihan.

“Tidak mudah. Perlu pelatihan selama hampir 9 bulan,” kata Cucu.

“Ada tiga tahap dengan pembahasan yang berbeda di tiap triwulannya. Mudah-mudahan setelah mengawali dengan hal tadi, tahun depan sudah bisa beroperasi,” kata Cucu.

Beberapa negara di Asia Tenggara sudah menggunakan teknologi VAR untuk kompetisinya masing-masing. Negara-negara itu adalah Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

x

Check Also

Pemain Sepakbola Terkaya di Dunia Gabung Klub Thailand

Jakarta – Pemain sepak bola terkaya di dunia, , resmi bergabung dengan klub Thailand, Chonburi ...