Home > Berita Bola > Benarkah Juventus Kini Makin Bergantung Pada Ronaldo ?

Benarkah Juventus Kini Makin Bergantung Pada Ronaldo ?

Sejak Desember lalu, Juventus menikmati ketajamannya megabintangnya, Cristiano Ronaldo, di Liga Italia. Tapi, pada saat bersamaan, mulai ada indikasi Juventus berkembang menjadi tim yang Cristiano Ronaldo-sentris.
Cristiano Ronaldo selalu mencetak gol dalam 10 pertandingan Liga Italia terakhir.

Dia sukses menjebol gawang Sassuolo, Lazio, Udinese (2 gol), Sampdoria, Cagliari (3), AS Roma, Parma (2), Napoli, Fiorentina (2), dan Hellas Verona. Prestasi itu menjadi rekor baru buat Juventus, mengalahkan catatan David Trezeguet yang mencetak gol dalam 9 pertandingan beruntun pada 2005-2006.

Tapi, seiring dengan munculnya CR7 sebagai mesin gol, Juventus malah terlihat mulai tergantung kepadanya. Sementara Ronaldo sendirian mencetak 15 gol dalam 10 pertandingan terakhir, anggota tim yang lain hanya membukukan 6 gol. Ronaldo mencetak 71% dari total gol Juventus dalam 10 pertandingan Liga Italia terakhir.

Torehan gol-gol Ronaldo dalam 10 pertandingan terakhir secara praktis memberikan 10 poin buat Juventus. Ambil contoh tiga poin yang dihasilkan 2 gol Ronaldo saat Juventus menang 2-1 atas Parma. Sejak Desember, Juventus hanya meraih 19 poin dari kemungkinan maksimal 30 dalam 10 pertandingan. Berarti Ronaldo menyumbang 53% poin Juventus lewat gol-golnya sejak Desember.

Juventus jadi terlihat Cristiano Ronaldo-sentris dan hal itu bisa berbahaya kalau dibiarkan. Juventus sudah pernah berada dalam situasi ini di Liga Champions musim lalu. Saat itu, Ronaldo menjadi satu-satunya pencetak gol Juventus di fase gugur Liga Champions. Akhirnya, setelah secara gemilang menyingkirkan Atletico Madrid di babak 16 besar, Juventus tersingkir di perempat final di tangan Ajax Amsterdam.

“Ronaldo akan menyelesaikan semuanya? Tentu saja tidak. Kami butuh semua pemain berkontribusi,” kata pelatih Juventus saat itu, Massimiliano Allegri.

x

Check Also

Sepakbola Meksiko Mulai Terimbas Corona

Presiden Liga sepak bola MX Mexico, Enrique Bonilla mengumumkan pada hari Jumat, (20/03/20) bahwa dirinya ...