Home > Berita Bola > Wenger Peringatkan Ozil Soal Reaksinya Terkait Muslim Uighur

Wenger Peringatkan Ozil Soal Reaksinya Terkait Muslim Uighur

London – Arsene Wenger menilai pernyataan Mesut Ozil tentang sikap pemerintah Tiongkok terhadap Muslim Uighur tidak mewakili Arsenal dan sang pemain harus menerima konsekuensi terkait kritik tersebut.

Wenger Peringatkan Ozil Soal Reaksinya Terkait Muslim Uighur

Lewat media sosial pekan lalu, Ozil mengecam perlakuan Tiongkok terhadap muslim di Xinjiang, di mana jutaan etnis minoritas ditahan dalam penjara dengan berkeamanan tinggi. Pihak Tiongkok beralasan pihaknya melakukan pendidikan terhadap etnis minoritas itu demi memerangi paham ekstrimis.

Kebijakan Tiongkok tersebut mendapat kritik keras dari PBB ketika 23 negara anggota termasuk Inggris, Australia, Kanada, Prancis, Jerman dan Jepang mendesak negara menyudahi penahanan massal di wilayah barat.

Arsenal sendiri memilih tak mendukung komentar Ozil, dengan menegaskan klub tidak terlibat dalam politik, seperti yang disampaikan dalam media media sosial Tiongkok Weibo.

Imbas komentar Ozil ini, stasiun TV Tiongkok menolak menyiarkan laga Liga Primer antara Arsenal dan Manchester City pada Minggu dan sang pemain dihapus dari video game FIFA dan Pro Evolution Soccer edisi . . . . . . Tiongkok.

Eks pelatih manager the Gunners Wenger menjadi salah satu pihak yang memperingati Ozil untuk berhati-hati dalam menyuarakan pendapat.

Apa yang ia katakan adalah tentang dirinya dan bukan Arsenal,” kata pelatih berpaspor Prancis ini kepada BBC Sport.

Mesut Ozil memiliki kebebasan berbicara seperti orang lain dan ia menggunakan nama besarnya untuk mengekspresikan pendapatnya, yang tidak harus dibagikan kepada semua orang.

“Yang penting adalah Ozil memiliki tanggung jawab individu. Ia tidak harus membawa Arsenal Football Club. Ketika Anda membuat komentar tentang pendapat individu Anda harus menerima konsekuensinya.” pungkasnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Lionel Messi Menangkan Ballon d’Or 2021, Cristiano Ronaldo Merasa Dibohongi

Manchester – Penyerang Timnas Argentina dan klub Paris Saint-Germain (PSG), Lionel Messi, sukses meraih penghargaan ...