Home > Berita Liga Inggris > Arsenal > Tak Ada Lagi Nama Ozil di PES 2020 Usai Bela Muslim Uighur

Tak Ada Lagi Nama Ozil di PES 2020 Usai Bela Muslim Uighur

Pemain klub Liga Inggris Arsenal, Mesut Ozil dihilangkan dari video game Pro Evolution Soccer (PES) 2020 versi China setelah melayangkan kritikan pedas kepada Pemerintah China terhadap Muslim Uighur.

Mesut Ozil memang dikenal sebagai pesepakbola muslim yang cukup taat. Reaksi keras Ozil kepada Pemerintah China karena perlakuan mereka terhadap penduduk muslim Uighur di Twitter pun memunculkan pro kontra.

Imbasnya saat ini Ozil langsung dicoret dari game PES 2020 versi China oleh NetEase selaku pemegang lisensi PES di Negeri Tirai Bambu itu.

“Pemain Jerman, Ozil mengunggah pernyataan ekstrem tentang China di sosial media,” kata anggota NetEase.

“Pernyataan itu membuat penggemar China sakit hati dan melanggar semangat olahraga yang penuh cinta dan damai. Kami tidak mengerti harus menerimanya atau memaafkan hal itu,” katanya.

Arsenal sendiri tidak mendukung pernyataan Ozil yang mengecam China. The Gunners mengatakan bahwa klubnya itu sangat anti politik. Masyarakat China pun menuding jika Ozil mendapatkan berita hoaks tentang Muslim Uighur yang diperlakukan tidak baik di China.

Tapi, berbagai . . . . . . komunitas HAM mengatakan bahwa sekitar satu juta orang yang kebanyakan dari komunitas muslim ditangkap dan dipenjara di kamp-kamp pengadilan China.

Tidak hanya penghapusan Ozil dari PES 2020, sebelumnya Pemerintah China juga membatalkan siaran klub sepak bola tempat Ozil bertanding. Ditambah lagi, Pemerintah China pun menghapus semua tentang Ozil dari media sosial negara, seperti Weibo dan Douyin.

Walau mendapat banyak penolakan, Sekretaris Jenderal Dewan Muslim Inggris, Harun Khan mendukung tindakan Ozil. Bahkan, ia mengatakan bahwa tindakan Ozil ‘sangat terpuji’. Harun Khan juga menyayangkan respon Arsenal yang tidak acuh terhadap tindakan pemainnya itu.

x

Check Also

Kalahkan Robert Lewandowski Lionel Messi Resmi Mendapatkan Gelar Ballon d’Or 2021 Ketujuhnya

Jakarta – Pada Selasa (30/11/2021) dini hari WIB Lionel Messi resmi mendapatkan gelar Ballon d’Or ...