Home > Berita Bola > Persela Menang 2-0 Atas Semen Padang

Persela Menang 2-0 Atas Semen Padang

Persela Lamongan menang dengan skor 2-0 atas Semen Padang dalam pertandingan pekan ke-34 Liga 1 2019 di Stadion Surajaya, Sabtu (21/12/2019). Gol Persela Lamongan dicetak oleh Riyatno Abiyoso pada menit ke-53 dan Malik Risaldi lewat eksekusi penalti pada menit ke-80.

Kedua tim tidak bisa menciptakan satu pun gol di babak pertama. Sejatinya Persela Lamongan tampil lebih dominan dan bisa menekan Semen Padang sepanjang 45 menit. Ketidakhadiran Alex dos Santos di lini depan tidak mengurangi daya gempur yang ditunjukkan Rafinha dkk.

Sejumlah peluang melalui tendangan bebas Kei Hirose beberapa kali sempat mengancam keamanan gawang Rendy Oscario. Tapi, sampai turun minum, tidak satu pun gol tercipta sampai skor kacamata menjadi hasil babak pertama. Di babak kedua, Persela Lamongan terus meningkatkan tempo serangannya ke jantung pertahanan Semen Padang.

Usaha itu berbuah manis setelah Riyatno Abiyoso mencetak gol pada menit ke-53. Bermula dari umpan terobosan Hambali Tolib yang mengarah ke sisi kiri, Abiyoso langsung berlari dan menyambut bola.

Tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti tidak bisa dibendung Rendy Oscario sampai kedudukan berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Persela. Karl Max yang masuk menggantikan Yu Hyunkoo pada menit ke-55 langsung menciptakan peluang bagi Semen Padang. Pada menit ke-58, pemain asal Chad itu melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti Persela tapi masih melebar.

Kelihatannya eksekusi bola mati menjadi kekuatan Laskar Joko Tingkir dalam pertandingan kali ini. Pada menit ke-67, Hambali Tolib berpeluang menambah keunggulan lewat tendangan bebas tapi Rendy Oscario lebih sigap dalam menepis bola.

Memasuki menit ke-70, Semen Padang justru balik menekan lewat pergerakan Karl Max dan Vanderlei Francisco di lini depan. Pada menit ke-73, Karl Max mengalami cedera yang cukup parah setelah berbenturan dengan pemain bek Persela, Demerson Bruno Costa. Karl Max yang beradu kepala dengan Demerson mengalami robek di . . . Gabung . . . daerah pelipisnya dan menyebabkan pendarahan.

Alih-alih mencetak gol, Semen Padang justru dijatuhi sanksi tendangan penalti setelah Malik Risaldi dijatuhkan Agung Prasetya di kotak terlarang. Malik yang juga menjadi eksekutor berhasil menuntaskan tanggung jawab dengan mencetak gol kedua bagi pasukan Nilmaizar pada pertandingan ini.

Pertandingan semakin memanas dalam sepuluh menit jelang pertandingan berakhir. Sejumlah benturan antar pemain dari kedua kesebelasan sering terjadi jelang berakhirnya pertandingan. Pada menit ke-87, Boas Atururi melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang masih mengarah ke pelukan kiper Persela, Dwi Kuswanto. Persela langsung membalas lewat serangan balik cepat yang digawangi oleh Kei Hirose, tapi tendangannya masih bisa ditepis Rendy Oscario.

Pertandingan lantas terpaksa dihentikan lebih dulu pada menit ke-90 setelah Stadion Surajaya diguyur hujan lebat dan angin kencang. Kemenangan Persela atas Semen Padang dengan skor 2-0 menutup pertandingan ini. Hasil itu juga membawa Laskar Joko Tingkir naik ke peringkat ke-11 klasemen sementara dengan 44 poin.

Susunan Pemain:

Persela Lamongan (4-3-3): 33-Dwi Kuswanto; 2-Moch Zaenuri, 30-Eky Taufik, 4-Demerson Bruno Costa, 14-Ahmad Birrul Walidain; 23-Izmy Yaman Hatuwe, 8-Kei Hirose, 21-Riyatno Abiyoso (13-Lucky Wahyu 62′); 27-Sugeng Efendi, 18-Hambali Tolib (77-Malik Risaldi 73′), 26-Rafinha.

Pelatih: Nilmaizar.

Semen Padang (4-4-2): 21-Rendy Oscario; 90-Boas Atururi, 26-Roni Rosadi (22-Agung Prasetyo 65′), 55-Muhammad Rifqi, 27-Dedi Gusmawan; 10-Dedi Hartono, 4-Yu Hyunkoo (9-Karl Max 55′), 19-Manda Cingi, 87-Flavio Beck; 78-Mariando Uropmabin (88-Irsyad Maulana 55′), 99-Vanderlei Francisco.

Pelatih: Eduardo Almeida.

x

Check Also

Jelang Laga Lawan Madura United, Persela Lamongan Akan Pakai Formasi Baru

Lamongan – Persela Lamongan tengah menyiapkan formasi baru yang nanti akan dipakai skuad Laskar Joko ...