Home > SEA Games > Lawan Brunei, Indonesia U-22 Dituntut Cetak Banyak Gol

Lawan Brunei, Indonesia U-22 Dituntut Cetak Banyak Gol

Timnas Indonesia U-22 harus berpesta gol ke gawang Brunei Darussalam pada pertandingan keempat Grup B SEA Games 2019, untuk menjaga peluang lolos ke semifinal. Kemenangan jelas menjadi incaran pasukan Indra Sjafri saat berhadapan dengan Brunei di Stadion Binan pada Selasa (3/12).

Tapi, akibat kekalahan yang dialami Indonesia dari Vietnam pada pertandingan sebelumnya, Garuda Muda sekarang harus mencetak gol dalam jumlah banyak untuk dapat bersaing dengan 2 tim tratas di grup.
Indonesia saat ini menghuni peringkat ketiga dengan 6 poin.

Jumlah poin itu sama dengan yang dimiliki tim peringkat kedua Thailand, tapi Thailand unggul selisih gol. Sedangkan Vietnam bertengger sendirian di pucuk klasemen dengan 9 poin. Hanya 2 posisi teratas di grup yang akan lolos ke semifinal, sehingga jika diatas kertas sulit untuk mengejar raihan poin milik Vietnam, kemampuan mengemas gol dalam jumlah banyak harus dapat dimaksimalkan.

Dari 3 pertandingan yang sudah dilalui, sang pemimpin klasemen Vietnam masih menjadi tim tersubur dengan selisih memasukkan-kemasukan gol sebanyak 12 gol (14-2). Thailand memiliki selisih 8 gol (10-2). Sedangkan Indonesia tertinggal cukup jauh dengan selisih 3 gol (5-2).

Tapi, Indonesia masih memiliki kesempatan untuk mengejar torehan gol itu. Karena pada 2 pertandingan tersisa, Indonesia akan menghadapi lawan yang diatas kertas kualitasnya berada di bawah.

Setelah Brunei, Indonesia akan memainkan . . . . . . pertandingan terakhir fase grup dengan bertemu Laos pada Kamis (5/12). Brunei, pada SEA Games tahun ini memang selalu menjadi lumbung gol.

Pada pertandingan pertamanya Brunei dihantam Vietnam dengan skor 0-6, kemudian pada pertandingan kedua dipermak 0-7 oleh Thailand, dan pada penampilan terakhir dipencudangi Laos 0-3. Catatan sejarah pertemuan dengan Brunei jelas memihak Indonesia.

Tercatat sudah terjadi 6 pertemuan antara Indonesia melawan Brunei di ajang SEA Games, dengan hasil 4 kemenangan dan 2 hasil imbang. Pada pertemuan pertama di SEA Games 1977, Indonesua nmendulang kemenangan 4-0. Pada 2 pertemuan kemudian, SEA Games 1983 dan 1985, Brunei bisa memaksakan hasil imbang 1-1.

Tapi, pada 3 pertemuan terakhir kedua negara di SEA Games, Indonesia selalu menjadi pemenang. Pada 1989 Indonesia mencukur Brunei dengan skor 6-0, sepuluh tahun berselang Indonesia menang 3-0. Pada pertemuan terakhir di SEA Games 2001, Indonesia bahkan mencatatkan kemenangan besar 9-0.

x

Check Also

Menpora Minta Timnas U-22 Indonesia Tak Patah Semangat

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberikan semangat kepada para pemain Timnas U-22 Indonesia ...