Home > Berita Liga Italia > Atalanta > Kejutan Atalanta di Liga Champions

Kejutan Atalanta di Liga Champions

Atalanta menjadi tim kejutan yang lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Bagaimana langkah Atalanta selanjutnya di Liga Champions? 

Kompetisi sepak bola bergengsi antar klub papan atas Eropa, Liga Champions, sudah menyelesaikan pertandingan di babak fase grup, Kamis (12/12/19) dini hari WIB. Sebelumnya, 14 tim sudah memastikan diri melangkah ke babak 16 besar, dan dini hari tadi 5 klub memperebutkan dua tiket terakhir ke fase gugur. 

Salah satu dari dua tiket ke babak 16 besar itu akhirnya diraih oleh wakil Serie A Italia, Atalanta. Atalanta secara mengejutkan lolos sebagai runner up Grup C mendampingi Manchester City.  Setelah lolos ke babak 16 besar, bagaimana langkah Atalanta selanjutnya di Liga Champions?

Catatan Unik 

Lolosnya Atalanta ke babak 16 besar dibarengi dengan catatan yang cukup unik, Atalanta berhasil lolos walaupun sudah menelan 3 kekalahan beruntun di 3 pertandingan awal fase grup. 

Atalanta kalah dengan skor 0-4 dari Dinamo Zagreb, kalah 1-2 dari Shakhtar Donetsk, lalu kalah dengan skor 1-5 dari Manchester City.
Pada pertandingan ke-4 Atalanta juga hanya bermain imbang 1-1 melawan Manchester City. 

Tapi siapa sangka ternyata Atalanta malah berhasil lolos ke babak 16 besar. Atalanta posisinya sesaat sebelum matchday 6 adalah juru kunci Grup C dengan raihan 4 poin saja dari 5 pertandingan.

Tapi, Atalanta masih bisa untuk lolos ke babak 16 besar dengan beberapa syarat. Syarat pertama adalah Atalanta harus menang melawan Shakhtar Donetsk di matchday 6, dengan begitu Atalanta akan meraih poin 7. 

Syarat kedua, di saat yang sama Dinamo Zagreb tidak menang melawan Manchester City. Jika dua syarat ini terpenuhi maka Atalanta akan mendampingi Manchester City ke babak 16 besar.

Sekarang hasilnya sudah terlihat, Atalanta lolos ke babak 16 besar dan menjadi wakil kedua dari Serie A Italia setelah Juventus. 

Langkah Selanjutnya di Liga Champions 

Sebagai tim kuda hitam yang lolos dengan cara tidak biasa, langkah Atalanta di fase gugur akan menjadi sorotan dari pencinta sepak bola.  Sayangnya, sebagai runner up grup, Atalanta harus menghadapi tim-tim raksasa yang merupakan juara grup di babak 16 besar. Lawan Atalanta sebenarnya cukup dapat diprediksi di babak 16 besar. 

Atalanta sudah pasti tidak akan melawan Manchester City karena dua tim dari grup yang sama tidak akan bisa bertemu di babak 16 besar. Atalanta juga tidak akan bisa bertemu Juventus, karena dua tim yang berasal dari negara yang sama tidak bisa bertemu di babak 16 besar. Melihat fakta dari regulasi itu, berikut beberapa kemungkinan lawan Atalanta di babak 16 besar. 

Lawan yang Sulit 

Berhadapan dengan juara dari grup lain, maka Atalanta harus siap bertemu dengan tim-tim paling kuat di Liga Champions musim 2019-20.  Yang bisa dibilang tim terkuat di fase grup Liga Champions 2019-20 adalah Bayern Munchen.

Bayern Munchen lolos ke babak 16 besar dengan status sebagai juara Grup B. Bayern Munchen berhasil menyapu bersih 6 kemenangan dari 6 pertandingan dan meraih poin sempurna 18. Bayern Munchen menjadi satu-satunya tim yang berhasil meraih 6 kemenangan di fase grup musim ini. 

Jika bertemu Bayern Munchen, langkah Atalanta kemungkinan akan sulit di babak 16 besar. Selain Bayern Munchen, lawan yang sulit bagi Atalanta adalah Barcelona. Barcelona sendiri adalah juara Grup F dan berhasil lolos tanpa terkalahkan di dalam grup yang cukup sulit. Barcelona berhasil lolos sebagai juara grup dengan menyingkirkan wakil Serie A Italia lainnya, Inter Milan pada pertandingan matchday 6. 

Lawan yang Mudah 

Dari 8 tim juara grup di Liga Champions musim ini, setidaknya ada 2 tim yang levelnya tidak terlalu jauh di atas Atalanta. Dua tim itu adalah RB Leipzig dan Valencia, RB Leipzig sendiri lolos ke babak 16 besar dengan menjadi juara Grup G, grup yang sejatinya diisi klub dengan kualitas yang setara. 

Kalau bertemu RB Leipzig, maka peluang Atalanta untuk lolos ke perempatfinal semakin terbuka, dibanding kalau bertemu tim Bundesliga lainnya, Bayern Munchen. 

Sementara itu, Valencia juga berhasil lolos menjadi juara grup di pertandingan terakhir fase grup. Status juara grup Valencia juga didapat karena unggul head-to-head points atas Chelsea. Valencia bisa menjadi lawan yang kekuatannya relatif sama dengan Atalanta di babak 16 besar Liga Champions.

x

Check Also

Bayern Munchen Hadirkan Cyber-Training Untuk Metode WFH Pemain

Bukan cuma bermain-main tisu toilet dan bercengkerama dengan keluarga, awak Bayern Muenchen menjalani masa karantina ...