Home > Berita Bola > Jika Mendapat Rasisme, Guardiola Tak Melarang Pemain City Walkout

Jika Mendapat Rasisme, Guardiola Tak Melarang Pemain City Walkout

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, menyuarakan dukungannya kalau para pemain memutuskan menempuh aksi walk-out meninggalkan lapangan untuk menyikapi pelechean rasial. Liga Primer Inggris tidak luput dari menjamurnya sikap rasisme dari tribun penonton yang terjadi hampir di seantero Eropa sepanjang tahun 2019.

“Tentu saja,” kata Guardiola singkat saat ditanya wartawan mengenai hal itu, seperti dilansir laman resmi Manchester City, Selasa (24/12).

“Para pemain saya mendukung inisiatif perlawanan (terhadap pelecehan rasial) dan yang harus dilakukan adalah memeranginya setiap hari dan ini tidak bisa hanya dilakukan satu tim saja.”

Penyerang Manchester City Raheem Sterling sempat mendapat pelecehan rasial dari suporter Chelsea pada Juli. Sebaliknya, suporter City juga berada di posisi yang diduga sebagai pelaku pelecehan rasial sebagaimana diklaim oleh pemain Manchester United, Fred. Akhir pekan lalu, pemain bek Chelsea Antonio Ruediger juga mengaku menjadi . . . . . . korban pelecehan rasial dari suporter Tottenham Hotspur.

Guardiola menilai bahwa problematika rasisme dalam sepak bola bukan baru-baru ini terjadi. Menurutnya, perlu waktu dan tenaga ekstra untuk bisa memberantas hal itu.

“Saya pikir ini masalah yang sudah terjadi selama beberapa dekade, bahkan berabad-abad. Sekarang semakin terekspose karena media semakin banyak menyorotinya,” kata Guardiola.

“Kita jelas harus melawannya, tapi butuh waktu untuk bisa memberantas hal itu sepenuhnya.”

x

Check Also

Lionel Messi Raih Ballon d’Or 2021

Paris – Penyerang Timnas Argentina dan klub Paris Saint-Germain (PSG), Lionel Messi, sukses meraih penghargaan ...