Home > Berita Bola > Final Piala Dunia Antar Klub, Simak Fakta Soal Flamengo

Final Piala Dunia Antar Klub, Simak Fakta Soal Flamengo

Flamengo akan menjadi lawan Liverpool di babak final Piala Dunia antar klub yang sedang berlangsung di Qatar. Mereka lolos setelah mengalahkan Al-Hilal dengan skor 3-1 di babak semifinal.

Flamengo sendiri merupakan salah satu klub paling bersejarah dalam sepak bola Amerika Latin. Tapi bagi sebagian orang klub ini mungkin masih terdengar asing. Ini 5 fakta dari klub yang memiliki kostum khas berwarna merah hitam itu.

1.Awalnya bukanlah klub sepak bola

Klub ini berdiri pada 17 November 1895 oleh sekelompok pendayung yang berasal dari kota Rio de Janeiro. Pada waktu itu mendayung merupakan olahraga yang cukup populer di Brasil. Alasannya pun cukup unik, yaitu untuk menarik perhatian kaum hawa.

Klub sepak bolanya sendiri terbentuk setelah terjadinya perpecahan pemain dan direksi tim sepak bola, Fluminense. Para pemain pun kemudian mengikuti kapten mereka, Alberto Borgeth yang merupakan pendayung di Flamengo dan terbentuklah klub sepak bola Flamengo. Saat ini Flamengo sendiri memiliki cabang olah raga lain seperti Polo air, Tenis, Basket hingga E-sport.

2. Musim lalu berhasil kawinkan Copa Libertadores dan Liga Brasil

Flamengo sendiri menjadi klub wakil dari benua Amerika Latin setelah menjadi juara Copa Libertadores pada musim lalu. Mereka secara dramatis mengalahkan River Plate dengan skor 2-1. Saat itu River Plate sebenarnya hampir saja menjadi juara setelah unggul hingga menit ke-88.

Tapi semuanya berbalik hanya dalam waktu tiga menit saat Gabriel Barbosa mencetak dua gol di menit ke-89 dan 90+2. Gelar itu sukses mereka kawinkan dengan trofi Serie A Liga Brasil setelah unggul jauh dari Santos di tabel klasemen.

3. Klub terkaya dan . . . . . . tersukses di Brasil

Walau Flamengo kalah populer dari Sao Paulo ataupun Santos, nyatanya mereka adalah klub tersukses dalam sejarah Liga Brasil. Mereka memiliki banyak trofi bergengsi seperti Campeonato Brasileiro, tiga Copa do Brasil dan 35 gelar Campeonato Carloca. Tidak hanya itu saja, Flamengo pun merupakan klub terkaya di Brasil dengan jumlah kekayaan sekitar 425,1 juta euro.

4. Klub Brasil pertama yang dapat sponsor

Keberadaan sponsor dalam sepak bola modern adalah hal yang sangat penting. Mereka menjadi penyumbang dana yang melimpah serta penyedia perlengkapan klub. Tapi sebuah catatan menarik dimiliki Flamengo sebagai klub Brasil pertama yang memiliki sponsor.

Hal ini terjadi pada tahun 1984 saat perusahaan perminyakan ternama, Petrobas bersedia menjadi sponsor utama klub. Kerja sama keduanya bahkan berlangsung selama 25 tahun.

5. Melahirkan pemain-pemain kelas dunia

Bukan rahasia lagi jika Brasil merupakan penghasil pemain-pemain paling berbakat di dunia. Sebut saja Pele, Ronaldo, Ronaldinho, Kaka hingga Neymar Jr. Begitu juga Flamengo yang menjadi klub lahirnya bibit berkualitas dunia. Dari klub ini lahir legenda-legenda Brasil seperti Romario, Henrique, Pirillo dan Zico. Sedangkan di era modern muncul nama-nama pemain berbakat seperti Vinicius Jr dan Lucas Paqueta.

x

Check Also

Selalu Bersaing Jadi Pemain Terbaik, Lionel Messi Masih Beri Pujian Untuk Cristiano Ronaldo

Jakarta – Lionel Messi tidak pernah lepas dari Cristiano Ronaldo dalam hal bersaing sebagai pemain ...