Home > Berita Bola > Alibaba Merapat Ke Manchester United

Alibaba Merapat Ke Manchester United

Klub Liga Inggris (Premier League) Manchester United (MU) secara resmi sudah menandatangani kesepakatan kerja sama sebagai partner dengan raksasa e-dagang asal Tiongkok Alibaba Group. Pertandingan-pertandingan pilihan dan konten lainnya akan disiarkan di Youku, platform video daring (dalam jaringan) semacam Youtube di Tiongkok. MU juga akan menjual berbagai merchandise di Tmall, platform dagang yang dikelola oleh Alibaba.

Kesepakatan itu juga memungkinkan MU memiliki akses kepada ratusan juta pengguna platform e-dagang milik Alibaba itu, demikian salah satu kesepakatan yang dikutip media resmi Tiongkok, Jumat (13/14/2019). Sebaliknya, Alibaba juga memiliki hak eksklusif pertandingan dan konten penyiaran lainnya dari MU yang memiliki banyak penggemar di Tiongkok dan Asia.

“Kami merasa terhormat atas loyalitas dari seluruh dunia dan para penggemar kami di China yang banyak ini,” kata Direktur Utama Manchester United Group Richard Arnold.

“Kami selalu mencari hal-hal baru untuk melibatkan fans agar bisa terkoneksi secara langsung dengan klub melalui platform video streaming yang sangat populer di Tiongkok dalam kemitraan kami dengan Alibaba,” katanya.

“Kami bekerja sama dengan Alibaba untuk membantu meningkatkan pertumbuhan fans kami di China dan meningkatkan kerja sama di bidang lainnya pada masa-masa mendatang,” kata Richard Arnold, seperi dikutip China Daily.

Kemitraan itu juga meliputi pertandingan klub-klub utama, highlight, dan produk-produk orisinil di kanal Youku MU. Kanal itu akan berisikan aktivitas di akademi sepak bola, pertandingan persahabatan klub putri, dan pertandingan klup papan atas yang lebih spesifik sesuai permintaan.

Pada Maret lalu, Youku menandatangani kerja sama dengan klub Liga Inggris lainnya, Wolverhampton Wanderers, yang dimiliki oleh konglomerat China Fosun. Saat ini persaingan video daring di China makin ketat dengan pemain utama Youku, Tencent Video dan iQiyi. Youku sudah berinvestasi besar-besaran di konten olahraga untuk meningkatkan jumlah penonton.

Sebelumnya Youku sudah menjalin kerja sama penyiaran Piala Dunia, FA Cup, Liga Inggris dan NFL. Youku yang berafiliasi dengan Alibaba Cloud juga sudah menunjukkan kehadirannya di Piala Dunia 2018. Walaupun gagal meraih gelar juara dalam enam tahun terakhir, MU masih memiliki daya saing dalam memperebutkan platform digital di China, demikian komentar Mailman, perusahaan pemasaran olahraga berbasis di Shanghai.

Pada tahun lalu, MU mengklaim punya lebih banyak penggemar daripada klub-klub Eropa lainnya di dua platform media sosial di China, Weibo dan WeChat. Pada tahun ini klub Liga Spanyol Real Madrid sudah memperoleh lebih dari sejuta follower di dua platform medsos China lainnya, Douyin dan Toutiao.

x

Check Also

Borneo FC Mulai Kumpulkan Skuad Pada Bulan Agustus

Borneo FC sejak awal mendukung keputusan PSSI terkait dilanjutkannya Liga 1 2020 pada Oktober mendatang. ...