Home > Berita Liga Champions > Simak Sejumlah Data dan Fakta Jelang Laga Manchester City vs Shakhtar Donetsk

Simak Sejumlah Data dan Fakta Jelang Laga Manchester City vs Shakhtar Donetsk

Manchester City akan melawan Shakhtar Donetsk di matchday 5 Grup C Liga Champions, Rabu (27/11/2019) dini hari WIB. Duel seru yang sangat sayang untuk dilewatkan. Manchester City mengincar poin pada pertandingan di Etihad Stadium ini.

Kemenangan atau setidaknya satu poin sudah cukup bagi tim asuhan Josep Guardiola itu untuk memastikan satu tempat di babak 16 besar Liga Champions. Manchester City sendiri memiliki catatan yang bagus saat menghadapi Shakhtar. Dari lima pertemuan melawan Shakhtar, The Citizens bisa memenanginya empat kali, termasuk kemenangan 3-0 di awal penyisihan grup Liga Champions musim ini.

Data dan Fakta

Ini adalah musim ketiga beruntun antara kedua tim bergabung di fase penyishan grup yang sama. Manchester City mendominasi pertemuan itu, termasuk saat mengalahkan Shakhtar 3-0 di matchday 1 lewat gol Riyad Mahrez, Ilkay Gundogan dan Gabriel Jesus. Manchester City saat ini mengoleksi 10 poin, lima poin dari Shakhtar dan Dinamo Zagreb.

City akan lolos apabila mereka tidak kalah dari Shakhtar atau andai Dinamo gagal kalahkan Atalanta di pekan ini. City juga akan dipastikan finis sebagai juara grup anda menang, atau bermain imbang sementara Dinamo gagal menang.

Shakhtar bisa lolos ke babak 16 besar pekan ini jika menang atas Manchester City, dan Dinamo kalah lawan Atalanta. Pertemuan di matchday 1 adalah yang kelima bagi City melawan Shakhtar. Mereka bisa mencetak 12 gol tanpa kebobolan di tiga pertandingan terakhir antara kedua klub.

Tim asuhan Guardiola sudah memenangkan 11 dari 19 pertandingan Eropa terakhir, kandang dan tandang, enam kali kalah. Mereka bisa memenangi enam pertandingan kandang terakhir, mencetak 26 gol dan kebobolan lima gol. City bisa . . . . . . menang tiga kali dari empat pertandingan kandang melawan tim asal Ukraina tanpa kebobolan. Tidak ada tim Ukraina yang bisa membobol gawang Manchester City di Etihad.

Musim ini menjadi musim kampanye ke-9 Manchester City di Liga Champions, mereka sudah terlibat di fase grup setiap musimnya sejak 2011-2012, dan selalu bisa menembus 16 besar atau babak yang lebih baik di enam kampanye terakhir.

Fakta Lain

Kemenangan 6-0 melawan Shakhtar musim lalu adalah rekor kemenangan Manchester City di kompetisi UEFA, kemudian mereka melewatinya lewat kemenangan 7-0 atas Schalke di babak 16 besar. Total mereka sudah mencetak 20 gol dalam lima pertandingan kandang di musim lalu. Pencapaian terbaik Manchester City di Liga Champions adalah menembus semifinal pada 2015-2016. Shakhtar hanya bisa menang dua kali dalam 11 pertandingan terakhir Liga Champions mereka.

Menang 2, imbang 5, kalah 4. Shakhtar sudah tiga kali gagal melewati babak penyisihan grup Liga Champions dalam enam kampanye terakhir mereka. The Pitmen tercatat sudah kalah tujuh kali dalam delapan kunjungan mereka ke Inggris. Satu-satunya hasil imbang mereka raih saat bermain 1-1 melawan Tottenham di babak 32 besar Piala UEFA 2008-2009. Di tujuh kekalahan itu, mereka hanya mencetak enam gol dan kebobolan 22 gol.

x

Check Also

Mengintip Calon Lawan MU di 16 Besar Liga Champions

Manchester – Manchester United memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2021/22 sebagai ...