Home > Berita Bola > Pelatihan VAR, FIFA Bakal Kungjungi Indonesia

Pelatihan VAR, FIFA Bakal Kungjungi Indonesia

Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) akan menyambangi Indonesia untuk melakukan pelatihan teknologi video bantuan wasit (VAR) kepada PSSI. Hal itu dijelaskan Ketua umum PSSI, Iwan Bule pada Rabu (6/11/2019). Iwan Bule yang baru saja terpilih menjadi ketua PSSI dalam kongres menjelaskan nantinya FIFA akan datang pada akhir November. Ia juga ingin masyarakat bersabar demi kemajuan sepak bola Indonesia.

“Nanti tanggal 27 November 2019 perwakilan FIFA akan datang ke Indonesia untuk pelatihan VAR. Kegiatannya kemungkinan berlangsung selama sembilan bulan. Jadi masyarakat harus sabar. Kita bersama ingin sepak bola Indonesia maju,” kata Iwan Bule.

Waktu sembilan bulan itu memang waktu yang sangat lama. Diperkirakan Indonesia baru bisa menerapkan VAR saat bergulirnya kompetisi pada 2021 mendatang. Saat ini Indonesia juga belum memiliki wasit atau operator yang tersertifikasi untuk menjalankan prosedur VAR. Berdasarkan hukum pertandingan, bila ingin menerapkan . . . . . . teknologi VAR harus juga memiliki ruang operasional video (VOR) dan area tinjauan wasit.

VAR itu berisikan tiga orang yaitu wasit VAR, asisten wasit VAR, dan operator replay. Dengan hal itu setidaknya membutuhkan tujuh wasit dalam sekali pertandingan sepak bola. VAR sangat membantu untuk melihat suatu pelanggaran atau gol yang dianggap kontroversial. Para suporter bola di Indonesia meyakini bila Indonesia menerapkan sistem VAR, maka akan membasmi para mafia.

x

Check Also

Timnas Singapura Incar Mantan Pelatih Timnas Indonesia

Jakarta – Timnas Singapura yang ditinggal pelatih sebelumnya, Tatsuma Yoshida, saat ini dikabarkan sedang mencari ...