Home > Berita Euro > Kualifikasi Piala Eropa > Momen Ronaldo Buang Peluang Emas Saat Lawan Lithuania

Momen Ronaldo Buang Peluang Emas Saat Lawan Lithuania

Kapten timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, melepaskan tendangan ngawur pada menit ke-68 saat melawan timnas Lithuania dalam pertandingan Grup B Kualifikasi Euro 2020 di Stadion Algarve, Kamis (14/11/2019) waktu setempat atau Jumat dini hari WIB.

Duel antara timnas Portugal dan timnas Lithuania dimenangi tuan rumah dengan enam gol tanpa balas. Gol-gol Portugal dibukukan oleh Cristiano Ronaldo pada menit ke-7, ke-22dan ke-65, Pizzi menit ke-52, Goncalo Paciencia menit ke-56, dan Bernardo Silva menit ke-63.

Cristiano Ronaldo sejatinya sedang berada dalam performa tidak maksimal bersama Juventus. Ronaldo sekadar mengukir lima gol dari 10 penampilan di Liga Italia 2019-2020. Bahkan, dua dari lima gol Ronaldo cuma berasal dari penalti.

Jumlah lesakan Cristiano Ronaldo berada jauh di bawah striker Lazio, Ciro Immobile, yang duduk di puncak daftar top scorer sementara Serie A musim ini dengan 14 gol. Padahal, Ronaldo merupakan pemain yang paling sering melepaskan tembakan (39) pada Liga Italia musim ini.

Immobile menyusul di tempat kedua dengan meluncurkan total 35 tembakan. Terus, apa yang membuat Ronaldo bisa ketinggalan cukup telak dibandingkan Immobile dalam jumlah gol? Jawabannya adalah akurasi tembakan.

Ronaldo tercatat 14 kali menghunjamkan sepakan . . . Gabung . . . melenceng alias 35,8 persen dari total tembakannya tidak mengarah ke gawang. Dalam hal ini, Immobile memang lebih bagus karena cuma 9 tembakannya yang tidak menuju sasaran atau 25,7 persen shots off target.

Akurasi tembakan juga yang membuat Cristiano Ronaldo gagal menggelontorkan gol keempatnya saat membela timnas Portugal melawan timnas Lithuania. Ronaldo mendapat kans emas menyarangkan gol pada menit ke-68 saat menerima operan datar Goncalo Paciencia.

Berada dalam posisi bebas di kotak penalti Lithuania, Ronaldo justru mengacau. Ronaldo tertangkap kamera melepaskan sepakan kaki kiri yang ngawur sehingga bola melayang di atas gawang Lithuania. Pesepak bola berpostur 187 cm ini pun terlihat sangat kecewa dengan tendangannya sehingga menutup wajahnya dengan kedua tangan.