Home > Berita Bola > Marcello Lippi Menyatakan Mundur Dari Kursi Pelatih Timnas China

Marcello Lippi Menyatakan Mundur Dari Kursi Pelatih Timnas China

Marcello Lippi, 71 tahun, mengumumkan pengunduran diri dari kursi pelatih timnas China pasca-ditekuk timnas Suriah pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022. Dalam pertandingan keempat di Grup A, China menyerah dari Suriah dengan skor 1-2.

Gol bintang mereka yang mengembara di Liga Spanyol bersama klub Espanyol, Wu Lei, tidak cukup menyelamatkan China dari kekalahan. Suriah yang berkandang di Dubai mencetak dua gol lewat lesakan Osama Omari dan bunuh diri pemain China, Zhang Linpeng, yang menentukan hasil akhir. Kekalahan ini membuat timnas China statis di peringkat kedua Grup A.

Mereka mendapat 7 poin, di bawah Suriah yang memuncaki klasemen bernilai sempurna 12 angka. China tertinggal jauh setelah di partai kualifikasi sebelumnya ditahan Filipina 0-0, Oktober lalu. Sekarang koleksi poin timnas China dan Filipina setara di 7 angka dan hanya dibedakan selisih gol. Rangkaian hasil ini membuat Marcello Lippi merasakan kekecewaan mendalam.

Menurut laporan Titan Sports, pelatih juara Piala Dunia 2006 bersama timnas Italia itu berkali-kali memukul meja saat jumpa pers setelah pertandingan. Lippi menunjukkan kekesalannya soal sepak bola China, karena pemainnya tampil payah, selain juga merasa diri gagal . . . . . . memenuhi ekspektasi.

Situasi yang dialami timnas China saat ini banyak yang menilai tidak sebanding dengan gaji tinggi yang masuk kantong Lippi. Kabarnya, mantan pelatih Juventus itu mengantongi upah 28 juta dolar AS atau setara 394,6 miliar rupiah per tahun. Menurut South China Morning Post, angka itu menjadikannya salah satu pelatih termahal di dunia.

“Bayaran saya sangat tinggi. Saya bertanggung jawab atas semuanya. Saya mundur sebagai pelatih China,” kata Lippi dalam rangkaian kata-kata terakhirnya sebagai arsitek Tim Negeri Tirai Bambu.

Lippi menukangi timnas China untuk periode keduanya sejak 24 Mei 2019. Sebelumnya, dia menjalani masa kepemimpinan pertama pada Oktober 2016 hingga mundur setelah China rontok di perempat final Piala Asia 2019.

x

Check Also

Jadi Rebutan Klub Raksasa Eropa, Wonderkid Brasil Kembali Cetak Gol Sensasional

Jakarta – Wonderkid asal Brasil yang masih berusia 15 tahun, Endrick Felipe, kembali menarik perhatian ...