Home > Berita Bola > Lindungi Suporter, DPR Akan Membentuk Undang-undang

Lindungi Suporter, DPR Akan Membentuk Undang-undang

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia akan segera menyetujui dan merampungkan Undang-undang Suporter. Suporter Indonesia kelihatannya tidak perlu khawatir lagi saat membela klub kesayangannya di stadion. Hal itu karena DPR RI akan segera merampungkan UU Suporter yang akan menjadi payung hukum bagi para pecinta sepak bola tanah air.

UU itu nantinya akan menjamin keamanan dan kenyamanan para suporter untuk menonton sepak bola. Rencana penyetujuan dan penyelesaian UU itu disampaikan langsung oleh ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda. Gagasan itu disampaikan Syaiful saat melakukan audiensi dengan perwakilan organisasi suporter Indonesia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (26/11/2019).

“Kami setuju bahwa suporter harus punya payung hukum yang akan melindungi mereka,” kata Syaiful Huda.

“Sekarang, harus dikaji terlebih dahulu apakah harus dimasukkan ke dalam revisi UU sistem keolahragaan nasional atau harus dibentuk UU tersendiri,” katanya.

Syaiful menambahkan, dalam UU Sistem . . . . . . Keolahragaan Nasional (SKN) hanya menjelaskan tentang penonton olahraga sebagai pihak pasif dalam sebuah pertandingan. Tapi suporter bukan hanya seorang penonton dalam pertandingan. Suporter memiliki ikatan dengan klub atau orang yang bertanding sehingga menjadi bagian aktif dari olahraga.

“Ada beberapa perbedaan antara penonton dan suporter,” kata Syaiful.

“Suporter punya ikatan emosional daripada penonton. Ini yang menjadi dasar hukum dibuatnya UU Suporter tadi,” katanya menjelaskan.

x

Check Also

Ditanya Soal Haruna Soemitro, Shin Tae-yong : Saya Tidak Mood

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku enggan untuk membahas soal pernyataan anggota Exco ...