Home > Berita Bola > Klub Inggris Minati Dua Pemain Jebolan Garuda Select ?

Klub Inggris Minati Dua Pemain Jebolan Garuda Select ?

Kabar baik dan membanggakan untuk sepak bola Indonesia, yaitu 2 jebolan Garuda Select diberitakan segera dikontrak oleh klub Inggris dalam waktu dekat ini. Tidak main-main, informasi ini langsung dari Direktur Akademi Garuda Select, Dennis Wise yang mengungkapkan bahwa 2 pemain Garuda Select itu berasal dari angkatan pertama.

Seperti yang kita ketahui, Garuda Select angkatan pertama memang baru menyelesaikan program mereka pada Mei 2019 di Inggris dengan catatan yang cukup bagus. Sementara sekarang ini, sedang berlangsung angkatan kedua yang sudah sebulan terakhir ini menjalani pelatihan serta uji coba menghadapi sejumlah klub akademik di Inggris.

Menurut penuturan Denis Wise, dua dari enam pemain Garuda Select angkatan pertama akan mengikat kontrak dengan salah satu tim sepak bola Inggris.

“Tahun lalu, ada 24 anak, dan enam dari mereka akan kembali ke Inggris pada bulan November, sementara dua dari mereka akan dikontrak oleh klub, bukan klub Indonesia,” jelas Dennis Wise.

Dennis Wise terlihat tidak mau menyebutkan baik klub apa atau siapa dua jebolan Garuda Select yang akan main di Inggris. Sementara baru-baru ini kabar buruk harus diterima oleh Bagus Kahfi. Striker andalan Timnas Indonesia U-19 itu sebelumnya dikabarkan menarik perhatian Arsenal lewat pengakuan perwakilan Mola TV yang menceritakan Per Mertesacker menghampiri Dennis Wise.

“Mertesacker (Manajer Akademik Arsenal) menghampiri Dennis Wise dan dikenalin ke saya. Dia bilang, penyerang kalian (Garuda Select) sangat bagus. Siapa namanya, saya jawab namanya Bagus Kahfi,” kata Mirwan.

Tapi ketertarikan Mertesacker dan Arsenal pada Bagus Kahfi menurut kabar terbaru harus terbentur regulasi di sepak bola Inggris. Oleh karena itu, Bagus ke Arsenal harus menemui kegagalan. Beberapa hari setelahnya, Dennis Wise kembali mengungkapkan ada dua pemain jebolan yang sudah dikontrak oleh klub Inggris. Dan tentunya kabar ini langsung disambut gembira oleh para pecinta sepak bola Indonesia.

Pertanyaan siapa saja 2 jebolan Garuda Select itu pun mulai menjamur di berbagai media sosial. Satupediapun punya pendapatnya sendiri berdasarkan penampilan kedua pemain jebolan Garuda Select yang kami pilih di bawah ini. Jebolan Garuda Select pertama yang jadi pilihan kami adalah Brylian Aldama Negiehta, yang sekarang tergabung bersama Persebaya Surabaya U-20 di Liga 1 U-20 atau Elite Pro Academy U-20 2019.

Pencapaian terakhir yang didapat oleh Brylian dalam karier juniornya adalah menjuarai Elite Pro Academy U-20 Liga 1 2019 bersama Persebaya U-20. Brylian bahkan menyelamatkan Persebaya dari kekalahan saat golnya ke gawang Barito Putera menit ke-90 menyamakan kedudukan menjadi 3-3. Karena gol itu, Persebaya vs Barito pun harus melalui perpanjangan waktu dan sampai ditentukan adu penalti.

Persebaya pun berhasil memenangkan adu penalti dan menjadi juara Liga 1 U-20. Pencapaian di level junior bersama Bajul Ijo bukan satu-satunya alasan kami memperkirakan Brylian yang dikontrak klub Inggris. Pujian dari beberapa tokoh juga menjelaskan seberapa matang permainan Brylian di usianya yang belum genap berusia 18 tahun. Seperti yang dikatakan oleh legenda Chelsea, Dennis Frank Wise.

“Pada dasarnya setiap pemain berbeda dalam soal mentalitas. Beberapa . . . . . . memang agresif, beberapa lebih berteknik, beberapa bisa merebut bola lebih cepat. Saya contohkan salah satu pemain yaitu Brylian Aldama,” kata Dennis Wise di Gedung Kedutaan Besar Inggris, Kuningan, Jakarta Selatan pada Selasa (08/10/19).

Menurut deskripsi dari Dennis Wise, Brylian punya mentalitas seperti agresif, unggul secara teknik dan bisa merebut bola. Ketiga aspek yang dijelaskan dari gaya bermain Brylian dirasa cukup masuk kriteria klub-klub Inggris. Yang kedua masih dari posisi pemain, yaitu sosok kapten Garuda Select angkatan pertama yaitu David Maulana. Kami rasa pemain yang juga sempat menimba ilmu di PSMS U-16 ini punya kualitas di atas rata-rata sebagai playmaker.

Pemain yang setelah kembali ke Indonesia dari program Garuda Select bergabung dengan Barito Putera U-18 juga bermain di Liga 1 U-18 2019. Dengan 7 penampilan, David Maulana berhasil mencetak dua gol menurut data dari epa.pssi.org. Sekarang David Maulana yang akrab disapa Bembeng sedang membela Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-19 2019. Dia baru saja mencetak gol untuk Timnas Indonesia U-19 saat menang 3-1 dari Timor Leste, Rabu (06/11/19) kemarin.

Kemampuan yang dimiliki oleh David Maulana mengatur transisi permainan dari serangan ke bertahan atau sebaliknya juga diakui oleh legenda Chelsea, Dennis Wise.

“Dia punya visi bermain yang sangat bagus. Dia juga bisa mengalirkan bola dari lini belakang ke depan, dengan sangat baik. Kemampuannya mengumpan juga sangat baik. Dia punya bakat alami terbaik di Indonesia,” kata Dennis Wise pada Januari 2019 lalu.

Mengumpan, visi bermain dan mengalirkan bola sehingga permainan rapih yang menjadi keunggulan David Maulana, tentu akan sangat dibutuhkan oleh klub-klub Inggris, apalagi untuk Divisi Championship atau League One.

Brylian Aldama dan David Maulana Diproyeksikan Main di Eropa

Bahkan salah satu alasan kenapa Brylian Aldama dan David Maulana kembali dipanggil untuk ikut bersama Garuda Select angkatan kedua agar jalan mereka makin terbuka untuk berkarier di klub-klub Eropa.

“Mereka (termasuk Brylian dan David) itu enam pemain terbaik di Garuda Select pertama yang dilakukan di Inggris. Kami memutuskan untuk mengikutkan mereka lagi demi membuka kembali peluang berkiprah di Eropa,” kata Sekretaris Jenderal, Ratu Tisha, Selasa (08/10/19) lalu.

Brylian Aldama dan David Maulana merupakan pemain terbaik jebolan Garuda Select yang bermain di posisi pemain tengah. Posisi keduanya sangat dibutuhkan untuk klub-klub Inggris. Apalagi jika melihat kultur para pemain muda Inggris yang kebanyakan bermain di posisi winger atau sisi lapangan. Jarang ada yang punya kemampuan alami sebagai pemain tengah. Walau tebakan SATUPEDIA belum tentu benar, semoga saja benar akan ada 2 jebolan Garuda Select yang dikontrak klub Inggris dan berkarier di sana mengharumkan nama Indonesia di bidang sepak bola.

x

Check Also

Laos Kini Punya Pelatih Baru Asal Jerman

Jakarta – Setelah gagal di ajang Piala AFF 2020, Laos langsung memecat pelatih lama V. ...