Home > Berita Bola > Inilah Yang Dibicarakan Jokowi dan Presiden FIFA di Thailand

Inilah Yang Dibicarakan Jokowi dan Presiden FIFA di Thailand

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menunjukkan komitmennya soal penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Jokowi, sapaan karib Joko Widodo, menyebut saat ini pemerintah dan PSSI sudah mulai mempersiapkan helatan akbar itu.

“Kami akan bekerja keras menjamin Piala Dunia U-20 di Indonesia berlangsung sukses dan lancar. Kami sudah memiliki pengalaman dalam menyelenggarakan Asian Games dan juga Asian Para Games 2018,” kata Jokowi, saat bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di The Boardroom Hotel Grand Hyatt Erawan, Bangkok.

Menurut Jokowi, Indonesia sedang mempersiapkan 10 stadion sebagai venue Piala Dunia U-20. 10 stadion ini tersebar di Sumatra, Jawa, dan Bali. Pemerintah Indonesia pun menyambut baik jika Tim Pendahulu FIFA datang untuk berkoordinasi dengan PSSI.

“Kami gembira jika ada masukan, termasuk standar kelayakan stadion dan lainnya. Pendampingan juga sudah dilakukan oleh Dewan Olimpiade Asia (Olympic Council of Asia), saat Asian Games 2018,” kata Jokowi.

FIFA sudah secara resmi memilih Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 setelah memenangi bidding dalam pengumuman yang berlangsung di Shanghai, China, Kamis (24/10) lalu. Indonesia berhasil mengalahkan Peru, Brasil, dan tiga negara Timur Tengah yang menjadi tuan rumah bersama: Bahrain, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab, untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Selain kesiapan Indonesia mengadakan Piala Dunia U-20, ada hal lain yang dibicarakan dalam pertemuan dua presiden itu. Pada pertemuan yang diadakan sebelum sidang pleno Konferensi Tingkat Tinggi . . . . . . (KTT) ke-35 ASEAN di Impact Exhibition & Convention Center di Bangkok, Thailand itu, Jokowi membeber arti penting sepak bola bagi rakyat Indonesia. Menurut Jokowi, sepak bola merupakan olahraga paling populer di Indonesia dan sekarang terdapat 1.679 klub sepak bola di Indonesia. Bahkan 77 persen rakyat Indonesia cinta sepak bola dan menempatkan Indonesia sebagai negara pecinta sepak bola nomor dua di dunia.

“Sepak bola adalah sarana memperkuat rasa kesatuan dan kebangsaan rakyat Indonesia. Prestasi dalam sepak bola Indonesia selalu menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia,” kata Jokowi.

Pernyataan Jokowi ini pun diamini Infantino. Ia menyampaikan bahwa sepak bola bukan sekadar olah raga.

“Sepak bola juga memberikan edukasi tentang kehidupan dan juga bagaimana belajar memberikan respek,” kata Infantino.

Dalam kesempatan itu, Infantino juga menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi karena KLB PSSI sudah berjalan lancar dan memilih ketua Umum baru.

“Selamat, semoga ketua umum yang baru dapat membawa PSSI menjadi lebih baik dan berprestasi,” kata Infantino, sembari berjanji akan segera melakukan kunjungan ke Indonesia.

x

Check Also

Lionel Messi Kirim DM Instagram Umpat Legenda Liverpool Seperti Keledai

Jakarta – Lionel Messi pada musim ini memulai karier barunya bersama dengan PSG. Sejuah ini ...