Home > Berita Bola > Timnas U-19 Indonesia Ditundukkan Tiongkok 1-3

Timnas U-19 Indonesia Ditundukkan Tiongkok 1-3

Timnas Indonesia U-19 gagal melanjutkan tren positif mereka saat beruji coba dengan Tiongkok U-19. Setelah menang pada uji coba pertama, Indonesia harus mengakui keunggulan Tiongkok, skor 3-1, dalam uji coba kedua yang diadakan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (20/10). Seakan sudah belajar dari pertemuan pertama, Tiongkok langsung memberikan tekanan ke lini pertahanan Indonesia yang mengubah seluruh pemain starternya dibandingkan pertandingan sebelumnya di Surabaya.

Serangan demi serangan yang dibangun tim tamu cukup membuat para pemain Indonesia kewalahan.Pergerakan Liu Jinxuan, Tao Qianglong, serta He Zunye, beberapa kali bisa memberikan ancaman ke gawang Indonesia. Hingga akhirnya, Qianglong berhasil membuka skor ketika pertandingan memasuki menit keenam lewat sepakan kerasnya yang menyambut umpan tarik Jinxuan. Tertinggal satu gol, para pemain Indonesia mencoba bangkit. Tapi Tiongkok juga tidak mengendurkan serangan mereka.

Beberapa pergantian dilakukan pelatih Fakhri Husaini agar permainan timnya lebih berkembang. Saddam Emiruddin Gaffar yang cedera digantikan Serdy Ephy Fano Boky, dan Andre Oktaviansyah digantikan Brylian Aldama. Masuknya Brylian dan Serdy membuat serangan Indonesia menjadi lebih hidup. Tapi sayang, beberapa kali peluang yang mereka hasilkan masih menemui kebuntuan. Hingga babak pertama berakhir, skor tetap 1-0 untuk keunggulan Tiongkok.

Memasuki babak kedua, Indonesia yang langsung melakukan pergantian pemain lagi . . . Gabung . . . untuk lini tengah dengan memasukkan David Maulana dan Beckham Putra Nugraha menggantikan Rendy Juliansyah dan Braif Fatari langsung memberikan tekanan ke lini pertahanan Tiongkok. Usaha dari sisi sayap dengan diakhiri umpan silang banyak dilakukan skuad Garuda Muda.

Hingga akhirnya, Amirudin Bagus Kahfi yang juga baru dimasukkan pada babak kedua berhasil memecahkan kebuntuan Indonesia pada menit ke-74. Gol itu melecut semangat para pemain Indonesia. Tapi Tiongkok juga terus memberikan tekanan ke lini pertahanan Indonesia. Bahkan, mereka kembali bisa unggul lewat sundulan Aifeierding Aisikaer yang menyambut umpan sepak pojok Qianglong pada menit ke-78.

Indonesia yang kembali tertinggal berupaya menyamakan kedudukan. Tapi solidnya pertahanan Tiongkok membuat David Maulana dan kolega kesulitan. Bahkan, Indonesia kembali harus menerima kenyataan pahit kebobolan lagi pada masa injury time babak kedua melalui aksi Qianglong. Gol itu menutup kemenangan Tiongkok di pertandingan ini.

x

Check Also

Neymar Lempar Pernyataan Ingin Pensiun, Pemain Timnas Brasil Beri Semangat

Jakarta – Neymar menyinggung keinginannya untuk pensiun dini dari Timnas Brasil setelah ajang Piala Dunia ...