Home > Berita Liga Italia > AC Milan > Stefano Pioli Usung Gaya Lama di AC Milan ?

Stefano Pioli Usung Gaya Lama di AC Milan ?

AC Milan sudah resmi memecat Marco Giampaolo dari kursi pelatih pada Selasa (8/10/2019) lalu waktu Italia. Hasil buruk yang diraih AC Milan dalam 7 pertandingan di Liga Italia 2019-2020 membuat Marco Giampaolo didepak dari posisinya sebagai pelatih. Sebagai gantinya, AC Milan resmi menunjuk Stefano Pioli sebagai pelatih baru. Sebelum resmi menjabat pelatih baru AC Milan, Stefano Pioli sudah banyak mendapat kritikan dari Milanisti, pendukung setia klub.

Para Milanisti kecewa dengan pilihan manajemen I Rossoneri yang menunjuk Pioli sebagai pelatih. Tapi pilihan sudah resmi dan tugas Pioli adalah membentuk kembali startegi yang tepat bagi Milan. Terkait persiapan untuk pertandingan yang akan dihadapi, Pioli memiliki cukup banyak waktu
untuk berinteraksi dengan tim AC Milan.

Pasalnya, kompetisi Liga Italia sedang libur karena adanya jeda internasional. Liga Italia baru kembali bermain pada 20 Oktober 2019. Pemilihan formasi yang tepat menjadi tugas pertama bagi pelatih 53 tahun itu.
Ada dua pilihan untuk starting XI Milan yaitu 4-3-3 atau 4-2-3-1. Formasi pertama sudah digunakan Milan sewaktu mereka dilatih oleh Gennaro Gattuso. Gennaro Gattuso yang melatih I Rossoneri dari November 2017 hingga 28 Mei 2019, sudah memakai formasi 4-3-3 dalam 60 pertandingan di Liga Italia. Dalam 60 pertandingan itu, skema 4-3-3 yang dipakai Gattuso menghasilkan 29 kemenangan, 18 hasil seri, dan 13 kekalahan. Stok melimpah untuk pemain sayap menjadi keunggulan Milan dalam menerapkan . . . Gabung . . . strategi 4-3-3 arahan Pioli.

Hakan Calhanoglu, Suso, Ante Rebic, Samu Castillejo, Giacomo Bonaventura, dan Fabio Borini dapat menjadi pilihan-pilihan Pioli untuk posisi sayap. Sementara itu, untuk formasi kedua yaitu 4-2-3-1 dapat menjadi alternatif I Rossoneri dalam memainkan pertandingan di Liga Italia.

Selama ini Milan jarang menggunakan strategi itu mengingat mereka setidaknya memasang dua striker atau 3 pemain depan. Formasi 4-2-3-1 pernah dicoba oleh Marco Giampaolo dalam pertandingan kontra Brescia dan Hellas Verona pada pekan kedua dan ketiga Liga Italia musim ini. Dan hasilnya Milan bisa menang tipis dengan skor 1-0 melawan Brescia dan Hellas Verona

lewat gol-gol Hakan Calhanoglu dan Krzysztof Piatek. Kedua formasi memiliki lini belakang yang sama, dan lini tengah yang hampir sama. Tapi, kelihatannya akan ada perebutan posisi antara Hakan Calhanoglu, Lucas Paqueta, Ante Rebic, Rafael Leao dan Krzysztof Piatek dalam dua skema itu.
Pertandingan perdana Milan di bawah komando Pioli adalah melawan Lecce pada 20 Oktober mendatang.

x

Check Also

Prediksi Lazio vs Marseille,UEFA Legue 2021/22, 21 Oktober 2021

Jakarta – Pada matchday 3 Grup E UEFA  League atau Liga Europa 2021/22, akan mempertemukan ...