Home > Berita Bola > Sejumlah Laga Liga 1 2019 Ditunda, PT LIB Buka Suara

Sejumlah Laga Liga 1 2019 Ditunda, PT LIB Buka Suara

Kompetisi Liga 1 2019 banyak mengalami penundaan sejak diselenggarakan pada Mei lalu. Ada beberapa alasan yang membuat pertandingan Liga 1 ditunda, tapi kebanyakan karena tidak mendapat izin keamanan dari pihak kepolisian. Memang dalam peraturannya, Liga 1 2019 hanya bisa dimainkan apabila telah mendapat izin dari pihak keamanan tempat laga tersebut digelar. Menurut Dirk Soplanit, Direktur PT LIB, izin keamanan menjadi penyebab utama mengapa pertandingan Liga 1 2019 ditunda.

“Ya pada intinya kami yang harus bisa menyesuaikan dengan apa yang sudah terjadi,” kata Dirk Soplanit saat dikonfirmasi awak media, Jumat (4/10/2019).

“Karena izin tidak keluar dan menyangkut keamanan jadi pertandingan tidak digelar,” ujarnya menambahkan.

Dirk menambahkan, PT LIB tak bisa memaksakan menggelar pertandingan jika kepolisian tidak menerbitkan rekomendasi.

Karena, pihak kepolisian dinilai lebih mengerti situasi yang terjadi di daerah setempat ketimbang PT LIB.

“Kalau pihak kepolisian sudah mengambil keputusan seperti itu, kami tidak bisa berbuat apa-apa. Bukan berarti harus memaksakan atau apa, karena semua itu tidak mungkin,” katanya.

Dirk mengatakan bahwa PT LIB tengah mencari solusi terbaik dalam menentukan jadwal pertandingan yang tertunda tersebut. Pria yang juga menjabat sebagai Komite Eksekutif (Exco) PSSI itu berharap suporter bisa memahami hal yang demikian.

“Teman-teman di bagian kompetisi saat ini sedang mencari komposisi terbaik untuk jadwal revisi, partai tunda, dan lainnya,” ujarnya.

Penundaan yang terjadi . . . Gabung . . . di kompetisi Liga 1 memang bukan sesuatu yang baru. Sejak awal diselenggarakan hingga menginjak pekan ke-22, penundaan pertandingan kerap menghiasi penyelenggaraan kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia itu.

Bahkan, pada pekan ke-22 ini saja ada tiga pertandingan yang harus ditunda dan tidak bisa terselenggara sesuai jadwal. Ketiga laga itu adalah Persija Jakarta vs Persela Lamongan, Persebaya Surabaya vs Borneo FC, dan PSIS Semarang vs Bali United. Semua pertandingan yang disebut di atas tidak mendapat izin keramaian dari kepolisian karena pada waktu yang berdekatan terjadi demo di beberapa daerah di Indonesia. Yang terbaru, partai Persija vs Borneo FC yang sejatinya digelar Minggu (6/10/2019) juga sudah dipastikan akan tertunda.

Padahal, partai tersebut merupakan pertandingan pekan keempat Liga 1 2019 yang tertunda sejak Juni lalu. Waktu itu partai Persija vs Borneo tidak bisa dimainkan karena kedua tim berlaga di Piala Indonesia 2018.

x

Check Also

Napoli Berhasil Kalahkan Legia Warsawa Dengan Skor Akhir 3-0

Jakarta – Dalam laga matchday ke 3 Liga Europa 2021/22, Napoli sukses mengalahkan Legia Warsawa ...