Home > Berita Bola > Persipura Menang Tipis di Markas Badak Lampung

Persipura Menang Tipis di Markas Badak Lampung

Perseru Badak Lampung bertindak sebagai tuan rumah saat menghadapi Persipura Jayapura di Stadion Sumpah Pemuda, Bandar Lampung, Senin (28/10/2019). Persipura sukses mencuri poin penuh dari markas Perseru Badak Lampung berkat gol semata wayang Ian Kabes pada menit ke-64. Pertandingan berlangsung dalam tempo lambat pada babak pertama. Baik Perseru Badak Lampung maupun Persipura Jayapura masih mencari celah di pertahanan lawan. Tuan rumah mendapat peluang lebih dulu pada menit kelima lewat sepakan Kurniawan Karman yang melenceng tipis di samping gawang Persipura. Permainan Persipura belum berkembang hingga pertandingan berlangsung 10 menit.

Ball possesion masih dikuasai oleh para pemain Perseru Badak Lampung. Baru pada menit ke-15 Gunansuar Mandowen menghadirkan peluang pertama untuk Persipura lewat tusukannya dari sisi kanan. Persipura nyaris mencetak gol pada menit ke-24 setelah Mandowen one on one dengan kiper Daryono. Tapi, pemain bernomor punggung 33 itu lebih dulu dinyatakan offside. Peluang emas bagi tim Mutiara Hitam justru dibukukan oleh sang bek, Andre Ribeiro, pada menit ke-28. Overlap ke depan, pemain bek asal Brasil itu lolos dari jebakan offside tapi gagal menaklukkan Daryono di bawah mistar. Kebuntuan masih dialami kedua tim hingga pertandingan menginjak menit ke-35.

Menjelang akhir babak pertama, Persipura mendapat peluang lagi melalui Titus Bonai yang masih bisa dihalau barisan pertahanan. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum. Perseru Badak Lampung diimbangi oleh tamunya, Persipura. Memasuki babak kedua, Badak Lampung dan Persipura bermain dengan tempo cepat. Pertandingan sempat terhenti pada menit ke-50 karena ada asap smoke bomb yang mengganggu permainan. Setelah tertunda beberapa menit, pertandingan akhirnya dilanjutkan kembali. Marquinhos hampir membuat tuan rumah unggul pada menit ke-57, tapi kiper Dede Sulaiman masih bisa menepis tembakan itu.

Sejurus kemudian Titus Bonai gantian menebar ancaman, mantan pemain timnas Indonesia itu melepaskan tembakan yang melenceng tipis di samping gawang Badak Lampung. Persipura mengurung pertahanan Badak Lampung pada menit ke-60. Sayang bagi tim tamu, sepakan Ibrahim Conteh gagal memecah . . . Gabung . . . kebuntuan karena masih melebar. Gol yang ditunggu pemain Persipura pun hadir pada menit ke-64. Baru semenit masuk lapangan, Ian Kabes membawa tim arahan Jacksen F Tiago memimpin. Diawali umpan silang dari Titus Bonai, Kabes yang berdiri bebas leluasa menjaringkan bola dengan sundulan.

Keributan antarpemain sempat terjadi pada menit ke-72. Pemain asing Badak Lampung, Marquinhos, mendapat kartu kuning karena menendang bola yang ada di antara kaki Ian Kabes. Beberapa menit setelah mendapat kartu kuning, Marquinhos hampir membuat keadaan imbang andai sepakan kerasanya tidak membentur mistar gawang Persipura.

Menjelang pertandingan berakhir, suporter Badak Lampung turun dari tribune dan membuat pertandingan terhenti sementara. Skor 1-0 menutup jalannya pertandingan. Persipura pun menang dan berhak atas tiga angka di markas Perseru Badak Lampung. Hasil ini membuat Persipura menempel ketat Madura United di posisi ketiga klasemen sementara dengan 40 poin, selisih satu angka di belakang Laskar Sape Kerrab. Sementara bagi Badak Lampung, kekalahan ini membuat mereka gagal beranjak dari zona merah. Tim arahan Milan Petrovic ini menempati posisi ke-17 dengan 23 poin.

SUSUNAN PEMAIN

Perseru Badak Lampung (4-5-1): 53-Daryono; 13-Kurniawan Karman, 4-Antony Golec, 4-Bojan Malisic, 35-Reva Adi Utama; 15-Zaenal Haq (17-Billy Keraf 46′), 16-Saepuloh Maulana (28-Suhandi 65′), 45-Akbar Tanjung, 84-Fernandinho, 10-Marquinhos; 91-Arthur Bonai (18-Hariyanto Panto 82′).

Pelatih: Milan Petrovic

Persipura Jayapura (4-4-2): 27-Dede Sulaiman; 21-Yustinus Pae, 4-Ricardo Salampessy, 3-Andre Ribeiro, 44-Yohanis Tjoe; 32-Muhammad Tahir, 8-Oh In-kyun (13-Ian Kabes 63′), 10-Ibrahim Conteh, 46-Todd Rivaldo Ferre (12-Patrick Womsiwor 81′); 33-Gunansar Mandowen (86-Gunansar Mandowen 46′), 25-Titus Bonai.

Pelatih: Jacksen F Tiago

x

Check Also

Arteta

Arteta Menyebut Bully Bisa Menghambat Karir Pelatih Muda

London – Mikel Arteta mewanti-wanti bahwa para pelatih muda bakal terus ragu berkarier karena takut ...