Home > Berita Bola > Persela Tundukkan Persebaya 1-0

Persela Tundukkan Persebaya 1-0

Sempat mendapat hasil buruk di hadapan pendukungnya, Persela Lamongan akhirnya kembali memetik kemenangan di kandang dengan mengalahkan Persebaya Surabaya 1-0 di Stadion Surajaya, Rabu (23/10) sore WIB, pada pertandingan pekan ke-24 Liga 1 2019. Walau masih berada di zona degradasi, tambahan tiga angka ini mengangkat posisi Persela yang mengumpulkan poin 23 ke peringkat 16 menggusur Semen Padang.
Sedangkan Persebaya yang tanpa kemenangan di lima pertandingan beruntun tetap di peringkat kedelapan dengan nilai 31.

Cuaca panas yang menyengat di Lamongan membuat Persela dan Persebaya mengawali pertandingan dengan lamban. Kedua tim tidak terlalu terburu-buru dalam melakukan tekanan ke pertahanan lawan masing-masing.
Skema permainan ini membuat bola lebih sering berkutat di lapangan tengah.
Buntutnya, pertandingan tidak menghadirkan peluang yang mengancam penjaga gawang kedua tim. Selepas pertandingan berjalan 15 menit, Malik Risaldi sempat lepas dari jebakan off-side, tapi kiper Miswar Saputra terlebih dahulu menggagalkan upaya pemain muda Persela itu.

Di lain kubu, Persebaya beberapa kali bisa melewati barisan belakang Persela. Hanya saja, kesalahan sendiri diperlihatkan penggawa Persebaya, seperti bola yang lepas dari penguasaan, dan mudah direbut pemain bek Persela. Secara keseluruhan, permainan rapat dan pertahanan solid tidak menghadirkan banyak ancaman yang diberikan masing-masing tim, sehingga papan skor tetap menunjukkan angka 0-0 hingga babak pertama berakhir.

Irama permainan Persela tidak mengalami perubahan di babak kedua. Sedangkan Persebaya mengawalinya dengan permainan lebih agresif, sehingga mampu menghadirkan ancaman serius. Ancaman diberikan Persebaya pada menit ke-47. Umpan lambung Rendi Irwan dari sisi kanan serangan disambut tandukan David Da Silva, tapi dapat diblok kiper Dwi Kuswanto. Bola muntah disambar Oktafianus Fernando, tapi . . . Gabung . . . melayang di atas mistar.
Stadion Surajaya bergemuruh pada menit ke-63 setelah Persela sukses memecahkan kebuntuan. Berawal kesalahan Hansamu Yama dalam mengamankan bola tandukan Alex Dos Santos Goncalves yang diblok Miswar, si kulit bundar kemudian disambar Malik untuk menjebol gawang Persebaya.

Persebaya yang kecolongan satu gol meningkatkan intensitas serangan mereka untuk menyamakan kedudukan. Hanya saja, upaya Bajul Ijo menemui jalan buntu berkat pertahanan solid Laskar Joko Tingkir. Persela mulai mengendurkan permainan di sepuluh menit terakhir untuk mengamankan keunggulan.
Taktik ini membuat Persebaya makin kesulitan menjebol gawang lawan, sehingga skor 1-0 tetap bertahan hingga pertandingan selesai untuk kemenangan Persela.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Persela: Dwi Kuswanto; Moch Zaenuri, Demerson Bruno, Lucky Wahyu, Birrul Walidain, Malik Risaldi, Izmy Hatuwe, Kei Hirose, Rafael ‘Rafinha’ De Oliveira, Delfin Rumbino, Alex Dos Santos Goncalves.

Cadangan: Dian Agus Prasetyo; Sugeng Efendi, Arif Satria, Feri Sistianto, Muhamad Ridwan, Riyatno Abiyoso, Lukas Guruh Prayitno.

Pelatih: Nilmaizar

Persebaya: Miswar Saputra; Ruben Sanadi, Mokhamad Syaifuddin, Rendi Irwan, Hansamu Yama, Muhammad Hidayat, Abu Rizal Maulana, Aryn Williams, Oktafianus Fernando, Irfan Jaya, David Da Silva.

Cadangan: Imam Arief Fadilah; Fandi Eko Utomo, Novan Setya Sasongko, Andri Muladi, Elisa Yahya Basna, M Alwi Slamat, Koko Ari Araya.

Pelatih: Wolfgang Pikal

x

Check Also

Messi

Ronaldinho Komentari Keberadaan Messi di PSG

Paris – Kendati sudah berpisah dari dunia sepak bola sejak lama, Ronaldinho ternyata masih mengikuti ...