Home > Berita Bola > Lawan Liverpool, Manchester United Dinilai Punya Banyak Kelemahan

Lawan Liverpool, Manchester United Dinilai Punya Banyak Kelemahan

Manchester United dijadwalkan melawan Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris pekan ke-9 di Stadion Old Trafford, Minggu (20/10/2019). Situasi kedua kubu dalam big match historis bertajuk Derbi Barat Laut Inggris ini bertolak belakang. Manchester United dalam posisi yang tidak bagus setelah terjerembap ke peringkat 12 di klasemen Liga Inggris dengan raihan cuma 9 poin.

Sudah tiga partai terakhir mereka lalui tanpa kemenangan. Di lain pihak, Liverpool masih perkasa di puncak klasemen dengan rapor sempurna: 8 kemenangan dari 8 pertandingan (24 poin). Koleksi angka Liverpool yang hampir tiga kali lipat dari Manchester United menjadikan tim Merseyside itu lebih diunggulkan walau berstatus tamu di Old Trafford.

Berbagai statistik pun menunjukkan Liverpool berada di level yang berbeda dari Manchester United, setidaknya untuk saat ini. Misalnya soal perolehan gol. Mohamed Salah cs menggulirkan 20 gol atau rata-rata hampir bikin 3 gol per partai di Liga Inggris. Bandingkan dengan Manchester United yang tidak pernah mampu mencetak lebih dari satu gol dalam 10 pertandingan teraktual di berbagai ajang. Kali terakhir Setan Merah menjebol gawang musuh lebih dari sekali adalah saat melawan Chelsea dengan skor 4-0 pada pekan perdana lalu.

Mungkin kelesuan yang melanda Manchester United ini menjadikan mereka kurang mendapatkan apresiasi. Termasuk dari situs olah data Whoscored, yang sampai mencantumkan Manchester United “tidak . . . Gabung . . . memiliki kekuatan signifikan” (team has no significant strengths) di bagian kolom profil klub. Adapun di bagian weaknesses, mereka disebut memiliki kelemahan dalam hal penyelesaian akhir terhadap peluang mencetak gol.

Sekarang bandingkan dengan profil Liverpool yang digambarkan memiliki 8 poin kekuatan yang signifikan!
Karakteristik kekuatan paling menonjol yang disoroti Whoscored adalah mengantisipasi situasi bola mati. Poin lain yang dianggap kuat adalah memanfaatkan set piece, penyelesaian akhir, menyerang dari sayap, menciptakan peluang dari umpan terobosan, kreasi peluang dari aksi individu, kaya membuat peluang, hingga ketangguhan dalam duel udara. Adapun di sisi kelemahan, Liverpool disebut kesulitan untuk menghentikan lawan menciptakan peluang, artinya pertahanan mereka masih gampang ditembus.

x

Check Also

Messi

Ronaldinho Komentari Keberadaan Messi di PSG

Paris – Kendati sudah berpisah dari dunia sepak bola sejak lama, Ronaldinho ternyata masih mengikuti ...