Home > Berita Bola > La Nyalla Mattalitti Termasuk Dalam Salah Satu Caketum PSSI Yang Lolos Verifikasi

La Nyalla Mattalitti Termasuk Dalam Salah Satu Caketum PSSI Yang Lolos Verifikasi

La Nyalla Mattalitti termasuk ke dalam salah satu calon Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 yang lolos verifikasi oleh Komite Pemilihan (KP). Tapi, ada dokumen yang harus dilengkapi oleh La Nyalla Mattalitti.
Itu dikarenakan La Nyalla Mattalitti saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) periode 2019-2024. Selain La Nyalla Mattalitti, ada beberapa nama yang juga harus menyertakan dokumen tambahan ke KP
seperti Refrizal, Hasnuryadi Sulaiman, Hinca Panjaitan, Sihar Sitorus, dan Yoyok Sukawi. Dokumen yang dimaksud KP itu untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ikut meramaikan calon Ketum, Waketum, dan Exco PSSI.

Dengan mengisi formulir itu, mereka tidak boleh mencampur urusan sepak bola dengan politik. Ketua KP, Syarif Bastaman, mengatakan persyaratan baru itu mengacu pada statuta FIFA dan statuta PSSI pasal 7.
Pasal itu berbunyi PSSI netral dan tidak memihak dalam politik, suku, agama, rasa, dan golongan tertentu, serta memastikan anggotanya netral dan tidak memihak.

“Bagi calon yang ASN atau anggota legislatif kami memohon yang bersangkutan untuk membuat surat pernyataan kalau tidak akan menyatukan unsur politik dalam sepak bola,” kata Syarif Bastaman di Kantor PSSI, Kuningan, Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2019).

Lebih lanjut Syarif Bastaman mengatakan PSSI menjaga indenpedensi . . . Gabung . . . dan netralitas untuk menghindari gangguan atau campur tangan politik. PSSI tidak dapat diintervensi oleh pihak luar manapun terkait dengan kegiatannya.

“Nanti yang bersangkutan pun kami panggil untuk tambahan isinya. Untuk menyatakan kalau mereka tidak akan menyatakan kalau mereka tidak akan menunjukan sikap politik saat bertugas di PSSI, karena ini juga kami kutip dari statuta FIFA,” ucap Syarif Bastaman.

Saat ini KP sudah mengumumkan 32 nama yang tidak lolos verifikasi calon ketua umum, wakil ketua umum, dan Exco PSSI. Nama-nama yang tidak lolos ada yang dipersilahkan banding, dan ada juga yang tidak boleh banding ke Komite Banding PSSI.
Proses pengaduan banding akan dilakukan pada 16-18 Oktober 2019. Satu hari setelah itu, KP akan mengumumkan daftar tetap calon Ketum, Wakil Ketum, dan Anggota Exco PSSI.

x

Check Also

Pernah Dikartu Merah, Lionel Messi Dianggap Tidak Layak Menangkan Ballon d’Or 2021

Paris – Bintang Paris Saint-Germain (PSG), Lionel Messi, dianggap tidak layak untuk memenangkan Ballon d’Or ...