Home > Berita Bola > Jadi Venue Piala Dunia U-20, Stadion Manahan Solo Bernilai Rp 317 Miliar

Jadi Venue Piala Dunia U-20, Stadion Manahan Solo Bernilai Rp 317 Miliar

Memakan biaya hingga Rp317 miliar untuk renovasi, inilah fasilitas mewah yang terdapat di Stadion Manahan Solo untuk menggelar Piala Dunia U-20 2021 mendatang. Indonesia sendiri secara resmi terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 dalam acara FIFA Council Meetings di Shanghai, China, Kamis (24/10/19).

Presentasi terakhir Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, berbuah hasil positif dan menghasilkan kabar menggembirakan yang bisa dibawa pulang ke Indonesia. Indonesia resmi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 setelah mengalahkan Brasil dan Peru yang juga mengajukan diri sebagai tuan rumah dalam proses bidding.

Piala Dunia U-20 2021 rencananya akan berlangsung di lima kota berbeda, antara lain Jakarta, Bogor, Yogyakarta, Solo, dan Bali. Stadion yang dipilih PSSI sebagai venue yaitu Gelora Bung Karno (Jakarta), Pakansari (Bogor), Mandala Krida (Yogyakarta), Manahan (Solo), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Dari kelima stadion yang dipilih itu, terdapat satu venue yang cukup menarik perhatian, yaitu Manahan Solo, yang baru saja direnovasi besar-besaran dan mengeluarkan biaya lumayan fantastis. Renovasi Stadion Manahan Solo sendiri dilakukan sejak Agustus 2018 lalu, diketahui sudah memakan biaya sebesar Rp317 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui Kementerian PUPR.

Dengan dana fantastis, stadion yang pernah digunakan sebagai markas Persis Solo itu didandani secara mewah,
baik di lapangan maupun di luar lapangan. Beberapa fasilitas kelas dunia yang sudah dipasang di stadion Manahan Solo antara lain rumput Zoysia Japonica, rumput ini sama seperti yang digunakan di Stadion Utama Gelora . . . Gabung . . . Bung Karno (SUGBK).

Ada juga Lampu FOP (field of play) berkekuatan 1.500 lux, kemudian satu fasilitas mewah lagi juga terlihat di ruang ganti pemain yaitu kolam air panas. Beberapa fasilitas kelas dunia yang telah dipasang di stadion Manahan Solo antara lain rumput Zoysia Japonica, rumput ini sama seperti yang digunakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Melihat dari laman Instagram @manahan.solo, berikut beberapa tampilan baru stadion Manahan Solo usai mengalami renovasi sejak 2018 silam.

Penggunaan Rumput Zoysia Japonica

Papan Skor Elektronik di Stadion Manahan Solo

Fasilitas Kolam Jacuzzi di Dalam Ruang Ganti Pemain

Lapangan Indoor untuk Pemain Melakukan Pemanasan Sebelum Pertandingan

x

Check Also

Napoli Berhasil Kalahkan Legia Warsawa Dengan Skor Akhir 3-0

Jakarta – Dalam laga matchday ke 3 Liga Europa 2021/22, Napoli sukses mengalahkan Legia Warsawa ...