Home > Berita Bola > Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021, Indonesia Punya 3 Keuntungan Ini

Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021, Indonesia Punya 3 Keuntungan Ini

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 memberikan keuntungan bagi sepak bola Tanah Air. FIFA secara resmi memilih Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 dalam pertemuan di Shanghai, China, Kamis (24/10/19). Indonesia mengalahkan Brasil dan Peru dalam proses bidding. Brasil mengundurkan diri di saat terakhir, sedangkan Peru terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2021.

Kepastian Indonesia menjadi tuan rumah sudah disampaikan induk sepak bola Indonesia, PSSI, melalui akun media sosial Twitter dan Instagram resmi. Ini kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah setelah terakhir 40 tahun yang lalu pada Piala Dunia U-20 1979 yang digelar di Tokyo, Jepang. Menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 akan memberikan keuntungan bagi Indonesia.

Perbaikan Infrastruktur

PSSI sudah mengajukan sepuluh stadion sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 yang tersebar di beberapa kota di Indonesia, mulai dari Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Gianyar, sampai Palembang. Dengan terpilihnya Indonesia, pembangunan infrastruktur akan berjalan. Stadion-stadion yang terpilih akan direnovasi sehingga memenuhi kelayakan penyelenggaraan Piala Dunia.

Stadion yang tadinya tidak memiliki training ground akhirnya punya. Hal itu tentu juga nantinya berdampak kepada klub yang menggunakannya di liga. Selain itu, stadion akan terintegrasi dengan fasilitas publik. Persiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia tentu tidak sekadar membenahi stadion, tapi akses publik menuju ke sana juga.

Pengalaman Internasional

Berkah juga didapatkan timnas Indonesia U-20 yang akan tampil di Piala Dunia. Hal itu akan memberikan pengaruh positif terhadap sepak . . . Gabung . . . bola Indonesia di level kelompok umur. Pembinaan usia muda akan kian masif demi mempersiapkan tim terbaik di Piala Dunia U-20 2021, baik melalui kompetisi atau program Garuda Select. Persaingan yang ketat akan menghasilkan bibit-bibit terbaik.

Timnas Indonesia U-20 lantas mendapatkan pengalaman internasional dan merasakan langsung atmosfer Piala Dunia melawan tim-tim terbaik. Pengalaman itu akan menambah kemampuan dan sekaligus mengukur level Indonesia di level dunia, khususnya di kelompok umur.

Promosi Pariwisata

Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia tentu akan menyita perhatian dunia. Indonesia akan menjadi sorotan, baik dari infrastruktur dan timnas yang tampil. Di sisi lain, Piala Dunia U-20 2021 bisa menjadi ajang promosi kekayaan budaya Indonesia, seperti saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Begitu takjubnya dunia saat Indonesia bisa menghadirkan pembukaan yang megah dan penyelenggaraan yang prima di mata atlet dunia. Selain itu, tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 bisa menjadi batu loncatan bagi Indonesia untuk mengajukan bidding Piala Dunia 2034. Semua itu berawal dari kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah nanti.

x

Check Also

Neymar Lempar Pernyataan Ingin Pensiun, Pemain Timnas Brasil Beri Semangat

Jakarta – Neymar menyinggung keinginannya untuk pensiun dini dari Timnas Brasil setelah ajang Piala Dunia ...