Home > Berita Bola > Awas, MU Masih Punya Kekuatan Yang Harus Diperhitungkan Liverpool

Awas, MU Masih Punya Kekuatan Yang Harus Diperhitungkan Liverpool

Manchester United akan melawan Liverpool malam nanti dalam pertandingan lanjutan Liga Inggris, Minggu (20/10/2019) pukul 22.30 WIB. Sekilas, pertandingan yang akan diadakan di Stadion Old Trafford itu kelihatan berat sebelah. Liverpool memenangi semua pertandingan musim ini, 17 pertandingan menang beruntun di Liga Inggris, dan memuncaki klasemen sementara. Sedangkan Manchester United terdampar di papan bawah dengan dua kemenangan dari delapan pertandingan awal.

Walau begitu, bukan berarti Liverpool akan bisa menang mudah untuk pertandingan nanti. Manchester United memang sedang memiliki banyak masalah, tapi mereka masih punya kekuatan, terutama di lini belakang. Setan Merah memang sudah kebobol 8 kali, tetapi jika dilihat lebih dalam, pertahanan jadi kekuatan utama mereka. Soal kebobolan, Manchester United jadi tim terbaik keempat di Liga Inggris. Tapi, hal itu tidak menceritakan apa yang sebenarnya terjadi.

Salah satu contohnya adalah statistik xG Againts alias expected goals againts atau angka kemungkinan kebobolan. Jika sebuah tim memiliki semakin kecil xG Againts, artinya mereka memiliki angka kemungkinan kebobolan lebih kecil, artinya pertahanan mereka lebih baik. Sepanjang musim ini, angka xG Againts Manchester United adalah 6,2 gol saja. Artinya, dengan kebobolan 8 gol, Setan Merah kebobolan lebih banyak dari yang seharusnya, misal kebobolan dari kesalahan atau tendangan tidak terduga.

Angka ini . . . Gabung . . . lebih baik daripada Liverpool yang ada di peringkat kedua dengan 7,4 gol. Leicester City ada di pos ketiga dengan 9,5 gol. Tidak hanya itu, ada pula xG Againts per shot yang menunjukkan berapa banyak peluang emas yang mereka hadapi dari tim lawan. Manchester United lagi-lagi jadi yang terbaik di Liga Inggris, artinya pertahanan mereka tidak semudah itu dibobol dan jadi peluang emas bagi lawan. Statistik lain mengatakan bahwa di dalam daerah pertahanan, sekitar 18 meter dari gawang, hanya 33 umpan lawan yang sukses.

Jumlah ini salah satu yang terbaik, hanya kalah dari Liverpool dan Manchester City dengan 27 kali. Catatan-catatan ini bisa saja menjadi penghalang Liverpool untuk mencetak gol pada pertandingan nanti malam. Liverpool kemungkinan masih akan mengandalkan trio Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane di lini depan.

x

Check Also

Sejauh Ini Antonio Conte Masih Kandidat Terkuat Pengganti Ole Gunnar Solskjaer

Manchester – Nama Ole Gunnar Solskjaer kembali dirumorkan akan dipecat pasca kekalahan memalukan Manchester United ...