Home > Copa America > Tundukkan Peru 3-1, Brasil Juarai Copa America 2019

Tundukkan Peru 3-1, Brasil Juarai Copa America 2019

Piala Copa America 2019 akhirnya dibawa pulang Brasil setelah mengalahkan Peru di final dengan skor 3-1.

Tundukkan Peru 3-1, Brazil Juarai Copa America 2019

Laga final Copa Merica 2019 digelar di Stadion Maracana, Minggu (7/7/2019) waktu setempat, atau Senin dini hari pukul 03.00 WIB.

Ketiga gol bagi Brasil disumbangkan oleh Everton pada menit ke-15, Gabriel Jesus (menit ke-45+3), dan penalti Richarlison (menit ke-90).

Sedangkan satu-satunya gol bagi Peru dicetak Paolo Guerrero melalui titik penalti pada menit ke-44.

Meski harus bermain dengan 10 pemain pada 20 menit terakhir babak kedua, namun Brasil tetap bisa membuktikan sebagai jawara sepak bola di Amerika Selatan.

Sejak peluit babak pertama dibunyikan, Brasil langsung mengambil inisiatif menyerang melalui dua pemain sayapnya, Everton dan Gabriel Jesus.

Pada menit ke-3, Peru sempat memperoleh peluang emas melalui tendangan bebas yang dilakukan Christian Cueva setelah Philippe Coutinho melakukan handsball.

Namun bola yang ditendang Christian Cueva hanya menyamping tipis di sisi kanan gawang Brasil yang dijaga Alisson Becker.

Brasil membuka gol pada menit ke-15 melalui tendangan kaki kanan Everton, yang memperoleh umpan silang dari Gabriel Jesus.

Peru sendiri pada laga tersebut hanya mengandalkan serangan dari sebelah kiri melalui pemain sayapnya, Andre Carillo.

Menjelang babak pertama berakhir, Peru berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui tendangan penalti yang dilakukan Paolo Guerrero, setelah wasit menganggap Thiago Silva melakukan handsball di dalam kotak penalti.

Tendangan mendatar Guerrero yang menghunjam pojok kiri bawah gawang Brasil gagal dihadang Alisson Becker.

Namun pada injury . . . . . . time babak pertama, Brasil kembali memimpin skor melalui serangan balik cepat yang dilakukan Gabril Jesus yang bekerjasama dengan Arthur Melo.

Gabril Jesus dengan tenang memasukkan bola ke gawang Peru meski dihadang oleh dua pemain belakang lawan.

Pada menit ke-70 babak kedua, Gabriel Jesus harus meninggalkan lapangan setelah wasit Roberto Tobar memberikannya kartu kuning kedua karena pelanggaran keras yang dilakukannya terhadap Carlos Zambrano.

Keadaan ini kemudian dimanfaatkan Peru dengan lebih banyak melakukan tekanan terhadap Brasil.

Pada menit ke-74, Peru nyaris menyamakan kedudukan bila saja tendangan kaki kiri Miguel Trauco dari dalam kotak penalti tidak digagalkan Alisson.

Meski nyaris hanya bertahan pada menit-menit akhir babak kedua, namun Brasil justru bisa memperbesar kemenangan menjadi 3-1 melalui hadiah penalti setelah Carlos Zambrano melakukan pelanggaran terhadap Everton di dalam kotak terlarang.

Richarlison yang mengambil kesempatan berhasil memanfaatkannya dengan baik. Gol tercipa pada menit ke-90.

Dengan kemenangan ini, Brasil tercatat telah 9 kali menjadi juara Copa America, yakni pada tahun 1919, 1922, 1949, 1989, 1997, 1999, 2004, 2007, dan 2019.
(PS – Satupedia.com)

x

Check Also

Copa America 2021 Menjadi Bukti Messi Masih Manusia Yang Bisa Terpeleset Dan Gagal Bikin Gol Mudah

Timnas Argentina-nya Lionel Messi menobatkan diri sebagai kampiun Copa America 2021 setelah mengalahkan tuan rumah ...