Home > Piala Afrika > Prediksi Nigeria vs Afrika Selatan, Piala Afrika 11 Juli 2019

Prediksi Nigeria vs Afrika Selatan, Piala Afrika 11 Juli 2019

Abaju — Badai besar pernah meninju Timnas Nigeria ketika mereka tidak berhasil lolos dari kualifikasi Piala Afrika secara berturut-turut pada tahun 2015 dan 2017. Penampilan minor itu seperti kelainan mengingatkan Super Eagles, adalah kampiun di Piala Afrika 2013.

Prediksi Nigeria vs Afrika Selatan, Piala Afrika 11 Juli 2019

Performa mereka dalam Piala Afrika 2019 di Mesir jelas ditunggu-tunggu penggemar sepak bola yang mau menilik Nigeria kembali ke masa kejayaannya. Dengan pilar yang bermain di kompetisi Eropa macam Alex Iwobi (Arsenal), Wilfried Ndidi (Leicester City) hingga William Troost-Ekong (Udinese), Super Eagles diklaim menjadi skuat kuda hitam paling berbahaya di Piala Afrika saat kali ini.

Karakter pantangan pasrah ala Nigeria mulai membikin para lawan ngeri ketika mereka menaklukkan kampiun bertahan Kamerun dengan kedudukan tipis 3-2 di babak 16 besar turnamen. Super Eagles sanggup kembali dari keadaan tercecer 1-2 di babak pertama untuk menyegel kemenangan dengan skor tipis 3-2. Mantan penyerang Watford, Odion Ighalo, kala itu menjadi bintang skuat dengan menyumbang sepasang brace. Sebiji gol lagi dilesakkan Iwobi.

Kemenangan itu seperti membalas kebingungan ketika tim besutan Gernot Rohr ini ditakluk Madagaskar dengan kedudukan 0-2 pada partai pamungkas fase grup. Nigeria diminta kembali memperlihatkan rasa ingin makan seperti ketika kontra Afrika Selatan (Afsel) dalam perempat final Piala Afrika 2019 yang dihelat di Stadion Internasional Kairo, Kamis (11/07/2019) dini hari WIB. Pemain berusia 30 tahun itu menyatakan bakal habis-habisan di pertandingan tersebut untuk mengawal semangat Super Eagles memetik gelar perdana usai enam tahun.

“Kami ingin memenangi trofi keempat kami [di Piala Afrika], tapi Afsel jelas juga menginginkan trofi serupa. Banyak tim yang termotivasi ketika melawan Nigeria, tapi kami siap,” ujar Ighalo yang kini membela Shanghai Shenhua, dilansir Daily Nation, Selasa (09/07/2019).

Nigeria memang butuh waspada kalau tidak ingin mempunyai nasib sama dengan Mesir, yang ditaklukkan Bafana-Barana dengan kedudukan tipis 0-1 di babak 16 besar. Meskipun tidak punya nama besar, Afrika Selatan mempunyai pendekatan yang sanggup membikin skuat cenderung seperti Nigeria kehilangan ingatan.

Ketika kontra The Pharaohs, juru racik Bafana-Bafana Stuart Baxter tidak malas mempraktikkan pressing tinggi. Afrika Selatan juga punya gelandang berbahaya dalam diri Percy Tau dan Thembinkosi Lorch. Manatan kapten Super Eagles, Jay-Jay Okocha, bahkan telah memberi pesan Nigeria supaya berhati-hati dengan hasil menyayat kedua sayap tersebut.

“Saya percaya dengan tim, tapi saya khawatir tentang Lorch dan Tau. Mereka adalah pemain paling berbahaya milik Afrika Selatan.”

Hal sejarah juga tidak sangat berpihak Super Eagles. Dari lima perjumpaan terkini, Nigeria belum sempat menumbangkan Bafana-Bafana (empat seri, satu kalah). Pamungkas Super Eagles meraih kemenangan yaitu ketika mengalahkan Afrika Selatan dengan skor 2-0 di duel persahabatan, Agustus 2013. Bomber Bafana-Bafana, Lebo Mothiba, percaya Stuart Baxter akan kembali mendapati pendekatan jenius seperti kala skuat menaklukkan Mesir.

Baxter sendiri sudah sempat mengalahkan Super Eagles di kualifikasi Piala Afrika, Juni 2017. Kala itu Afrika Selatan menang dengan skor 2-0. “Dia adalah bosnya, dia tahu apa yang akan dia lakukan. Kami hanya perlu mengikuti instruksinya dan memberikan yang terbaik,” ujar Mothiba, dilansir Sowetan Live.

(GW – Satupedia.com)

x

Check Also

Prediksi Mesir vs Afrika Selatan, Piala Afrika 7 Juli 2019

Prediksi Mesir vs Afrika Selatan, Piala Afrika 7 Juli 2019

Kairo – Perkiraan laga babak 16 besar Piala Afrika 2019 siap memperjumpakan Mesir menjamu Afrika ...