Home > Berita Bola > Timnas Thailand Bakal Ditangani Mantan Petinggi PSG

Timnas Thailand Bakal Ditangani Mantan Petinggi PSG

Bangkok – Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) resmi memilih Carles Romagosa sebagai Direktur Teknik Timnas Thailand pada Rabu (12/06/2019) waktu setempat. Ini gerakan nyata dari FAT usai memperoleh pendapat oleh FIFA dan AFC.

Timnas Thailand Bakal Ditangani Mantan Petinggi PSG

Di masa lalu, The War Elephants tidak punya direktur teknik yang memberi bagian rancangan untuk mengembangkan pemain sepak bola nasional. Terutama adalah analisis, pemrosesan dada, sampai statistik punggawa di lapangan. (15/06/2019)

Supaya Timnas Thailand makin berprestasi, FAT memperoleh saran dari FIFA dari AFC untuk punya direktur teknis secara penuh waktu. Oleh sebab, FAT memilih sosok pengalaman Carles Romagosa.

Carles Romagosa punya catatan karier yang menterang. Ia sempat empat tahun bekerja di La Masia dan mendatangkan nama besar seperti Gerard Pique, Jordi Alba, Cesc Fabregas, Borjan Krkic.

Pada Agustus 2015 sampai Oktober 2018, sang pria juga bekerja untuk Paris Saint-Germain (PSG). Dengan pengalaman meluap, ia berpandangan mampu mengembangkan sepak boal Thailand mulai dari golongan 14 tahun.

“Saya bisa membawa pengetahuan dan pengalaman tentang sepak bola yang dapat membantu berkembang. Namun, saya harus memahami struktur dan budaya terlebih dahulu, kita harus bertindak bersama,” kata Carlos Romagosa di laman resmi FAT.

“Saya dapat membantu pemain, pelatih, dan klub sepak bola Thailand. Kita harus mendorong segalanya untuk berhasil. Jadikan tim nasional Thailand memiliki kinerja yang lebih baik,” lanjutnya.

“Langkah pertama, . . . . . . saya harus menganalisis seluruh gambar. Saya ingin tim nasional Thailand berhasil. Kami ingin maju. Kita harus memiliki filosofi dengan teknologi dan pedoman yang jelas. Kami ingin menciptakan segalanya. Tetapi yang penting adalah bahwa kita harus terlebih dahulu memahami keseluruhan konteks,” tegas Carlos Romagosa.

Sementara itu, Pathat Supaphong selaku Sekjen FAT, menyatakan bakal memberi delegasi besar kepada Carlos Romagosa untuk mengembangkan sepak bola The War Elephants, termasuk juru taktik Timnas.

“Para kandidat datang untuk mengambil peran sebagai pelatih kepala semua tim nasional Thailand. Kami harus mengenal, baik dari Thailand, Asia, dan dari benua lain. Untuk memasuki proses seleksi, Direktur teknis akan memilih orang yang dapat memenuhi tujuan atau memiliki filosofi dan memiliki metode bermain yang kompatibel,” ujar Carlos Romagosa.

Gerakan yang diambil FAT menjadi masalah bagi negara-negara Asia Tenggara untuk segera merapikan. Kalau tidak, tidak mengunci kemungkinan, kemajuan sepak bola Thailand akan susah tersentuh.

(GK – Satupedia.com)

x

Check Also

Laos Kini Punya Pelatih Baru Asal Jerman

Jakarta – Setelah gagal di ajang Piala AFF 2020, Laos langsung memecat pelatih lama V. ...