Home > Berita Bola > Terjerat Dugaan Korupsi Piala Dunia 2022, Pengacara Michel Platini Berikan Keterangan

Terjerat Dugaan Korupsi Piala Dunia 2022, Pengacara Michel Platini Berikan Keterangan

Paris – Mantan Presiden EUFA, Michel Platini, kini harus menjalani pemeriksaan polisi setempat karena kasus dugaan korupsi terkait pemilihan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

Terjerat Dugaan Korupsi Piala Dunia 2022, Pengacara Michel Platini Berikan Keterangan

Mantan pemain Italia ini dikabarkan telah ditahan untuk diinterogasi pada Selasa (18/6/2019) waktu setempat.

Terkait hal ini, pengacara Platini, William Bourdon menjelaskan bahwa kliennya tersebut tidak ditangkap melainkan hanya diperiksa sebagai saksi.

“Michel Platini mengekspresikan dirinya dengan tenang agar dapat menjawab seluruh pertanyaan dengan penjelasan yang bermanfaat,” kata Bourdon kepada Four Four Two.

Seperti diketahui, Komite Eksekutif FIFA menggelar pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2022 di Kota Zurich, Swiss, pada 2 Desember 2010 lalu.

Saat itu, ada ada sejumlah kandidat tuan rumah Piala Dunia 2022, yakni Qatar, Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

Lebih dari setengah jumlah anggota panelis kemudian diduga menerima suap, termasuk di antaranya Michel Platini selaku Presiden UEFA saat itu, dan mantan Presiden FIFA, Sepp Blatter.

Dalam kasus ini, pihak . . . . . . berwenang juga menahan penasihat mantan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy, Sophie Dion, dan mantan staf kepresidenan Claude Gueant.

Polisi ingin mendalami maksud dari jamuan makan siang yang dilakukan Sarkozy bersama Platini, Emir Qatar Tamim bin Hamad al Thani, dan mantan Perdana Menteri Qatar Sheikh Hamad Ben Jassim.

Jamuan makan siang tersebut dilakukan pada 23 November 2010 di kediaman presiden Prancis Elysee Palace, atau 10 hari sebelum pemungutan suara oleh Komite Eksekutif FIFA.

Sebelum pensiun dan menjabat Presiden EUFA, Platini pernah menjadi pemain terbaik dunia dan memenangkan Ballon d’Or pada tahun 1983, 1984, dan 1985.
(PS – Satupedia.com)

x

Check Also

Bursa Transfer Musim Dingin : Padat, Singkat Dan Menegangkan!

Jakarta – Sebentar lagi akan digelar bursa transfer musim dingin, pada Januari 2022 mendatang. Bursa ...