Home > Berita Liga Indonesia > Stadion Papua Bangkit Dinilai Layak Gelar Even Sekelas Piala Dunia

Stadion Papua Bangkit Dinilai Layak Gelar Even Sekelas Piala Dunia

Jayapura – Stadion Papua Bangkit yang merupakan stadion termegah di Indonesia Timur telah dipastikan tuntas 100 persen. Stadion berkapasitas 45.000 ribu penonton ini dianggap pantas menghelat event sekelas Olimpiade dan Piala Dunia sepak bola.

Stadion Papua Bangkit Dinilai Layak Gelar Even Sekelas Piala Dunia

Faktor ini diujarkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, dalam lawatannya ke Stadion yang terletak di Kampung Harapan, Keluarahan Nolokla, Distrik, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (21/06/2019) kemarin.

Pria berusia 45 tahun itu menuturkan, dengan selesainya Stadion Papua Bangkit ini maka Indonesia telah punya satu lagi lapangan bola bertingkat Internasional.

Menurutnya, Stadion yang akan menjadi Venue utama PON XX tahun 2020 di Provinsi Papua ini dapat menjadi salah satu tempat yang disediakan untuk meladeni Olimpiade 2032 dan Piala Dunia 2034, dimana Indonesia masuk dalam pencalonan tuan rumah dua event internasional tersebut.

“Dalam rangka pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah olimpiade 2032 dan juga rencana kita menjadi tuan rumah Piala Dunia sepak bola 2034, kita memang butuh stadion yang berstandar FIFA. Maka, dengan adanya Papua Bangkit ini, kita sudah . . . . . . punya satu lagi stadion bertaraf internasional,” ujar Menpora.

Untuk itu, pria kelahiran Bangkalan itu minta kepada Pemerintah Provinsi Papua dan seluruh pihak supaya mampu mempersiapkan badan pengelola Stadion Papua Bangkit sesudah pergelaran PON XX nanti.

Jelas Menpora, faktor itu untuk menjadikan Stadion Papua Bangkit dan tempat lainnya tetap terpelihara dan sering siap dipakai untuk menghelat event internasional seperti Olimpiade.

“Kita berharap agar semua pihak nantinya, khususnya Pemerintah Papua agar menyiapkan sedini mungkin lembaga pengelola pasca PON nantinya, karena kita tahu nanti akan banyak tantangan besar bagaimana mengelola venue bagus ini dan memanfaatkan dengan baik, dirawat sekaligus menjadi tempat lahirnya atlet-atlet baru,” tutup Imam Nahrawi.

(FS – Satupedia.com)

x

Check Also

RANS Cilegon FC dan Persis Solo Amankan Tiket Semifinal Liga 2 2021

Jakarta – Dua tim Liga 2 2021 sudah memastikan diri lolos ke babak semifinal. Mereka ...