Home > Berita Bola > FIFA Minta Iran Izinkan Perempuan Nonton Langsung Laga Sepakbola

FIFA Minta Iran Izinkan Perempuan Nonton Langsung Laga Sepakbola

Teheran – Kebijaksanaan Asosiasi Sepak Bola Iran yang tidak memperbolehkan wanita datang di stadion untuk melihat pertandingan sepak bola secara langsung memetik protes langsung dari FIFA. Terlebih Iran bakal masuk dalam kualifikasi Piala Dunia 2022.

FIFA Minta Iran Izinkan Perempuan Nonton Langsung Laga Sepakbola

Presiden FIFA, Gianni Infantino, akhirnya menulis surat kepada asosiasi di Iran untuk membolehkan wanita menonton laga dari tribun stadion dan menanggung keamanan mereka.

Gerakan pria beursia 49 tahun tersebut tidak lepas dari kemahiran Iran yang sebelumnya mengizinkan wanita masuk ke stadion pada Oktober 2018 lalu, usai memotong peraturan larangan yang telah dilakukan selama 40 tahun.

Tetapi, baru saja Iran menarik aturan tersebut dan kembali tidak memperbolehkan wanita menghadiri duel sepak bola secara langsung semenjak 6 Juni 2019 lalu.

“Hal ini tidak sejalan dengan komitmen kami (FIFA) pada Maret 2018 melalui Presiden Rouhani, kami yakin bahwa langkah-langkah ke depan yang penting harus diambil secepat mungkin,” tertuang dalam isi surat Infantino seperti yang dimuat dalam BBC.

“Kami memahami tentangan dan budaya, tetapi penting untuk perubahan berkelanjutan di lingkungan di sini (Iran). Bukan hanya karena kita harus melakukannya kepada wanita di seluruh . . . . . . dunia, tetapi karena itu adalah tanggung jawab untuk melakukannya, sama seperti prinsip-prinsip dasar yang terkandung dalam undang-undang FIFA.”

“Dalam situasi ini, saya berharap Anda dapat memberi tahu FIFA selambat-lambatnya 15 Juli 2019, tentang langkah-langkah nyata yang diambil oleh Asosiasi Sepak Bola Iran, serta pihak berwenang untuk memastikan perempuan Iran dan asing diizinkan untuk mendapatkan tiket dan menghadiri kualifikasi Piala Dunia 2022, yang akan dimulai pada September 2022.”

Butuh diketahui, minat perempuan dalam melihat partai sepak bola di Iran cukup tinggi. Pada duel puncak Liga Champions Asia 2018 bulan November lalu, setidaknya ada ratusan perempuan Iran yang datang langsung di stadion Azadi, Teheran, Iran, dalam laga antara Persepolis (Iran) kontra Kashima Antlers (Jepang).

(FE – Satupedia.com)

x

Check Also

Laos Kini Punya Pelatih Baru Asal Jerman

Jakarta – Setelah gagal di ajang Piala AFF 2020, Laos langsung memecat pelatih lama V. ...