Home > Berita Liga Indonesia > Luar Biasa, 3 Klub Promosi Ini Meroket di Piala Presiden 2019

Luar Biasa, 3 Klub Promosi Ini Meroket di Piala Presiden 2019

Jakarta – Piala Presiden menjadi event yang cukup ditunggukan oleh beberapa pihak. Karena event pramusim ini sering mendatangkan guncangan bagi para pencinta bola nasional.

Luar Biasa, 3 Klub Promosi Ini Meroket di Piala Presiden 2019

Sebanyak peristiwa sampai rekor-rekor luar biasa terjadi di Piala Presiden. Tidak kerap beberapa bintang di persepakbolaan Indonesia datang di event tersebut. Sebut saja ujung tombak Persija Jakarta, Marko Simic. (17/03/2019)

Striker berusia 31 tahun tersebut lebih dulu dikenal penggemar sepak bola Indonesia usai bermain luar biasa di Piala Presiden 2018. Barulah nama pilar kelahiran Rijeka, Kroasia itu menjadi perhatian di kompetisi Liga 1 2018 dan lainnya.

Tidak cuma itu, guncangan lain juga didatangkan oleh klub-klub promosi yang bersaing di sepanjang sejarah Piala Presiden. Lantaran dalam tiga edisi terakhir, klub promosi bisa memberikan kejutan bagus di Piala Presiden.

Borneo FC sempat bermain mengagetkan di Piala Presiden 2017 lalu. Bagaimana tidak, Pesut Etam memberikan guncangan dengan meletakkan kakinya di laga final.

Saat itu klub asal Samarinda itu sukses menaklukkan skuat-skuat dengan nama besar, yakni Sriwijaya FC (penyisihan grup) dan Persib Bandung (semifinal). Sayangnya, saat bersua dengan Arema di duel final, Borneo dipaksa kalah dengan skor telak 1-5.

Sekedar informasi, Pesut Etam sendiri sukses promosi ke kasta teratas Liga Indonesia usai menjadi juara Divisi Utama musim 2014. Namun kompetisi Liga Indonesia pernah rusuh dan tidak karuan, maka dapat dikatakan kalau Borneo masih memiliki status tim promosi di Liga 1 2017.

PSMS Medan bisa kembali berlaga di kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia pada musim 2018 lalu. Itu terjadi ketika Ayam Kinantan sukses menjadi runner-up di . . . . . . Liga 2 2017 lalu.

Sebelum berlaga di Liga 1 2018, klub asal Medan itu lebih dulu mencoba kemampuannya di event Piala Presiden 2018. Hasilnya, PSMS Medan sukses memberikan guncangan di gelaran yang sudah dihelat sejak 2015 tersebut.

Ayam Kinantan berhasil melangkah jauh di Piala Presiden 2018 sampai babak semifinal. Menariknya, mereka sukses menumbangan tim-tim besar Persib Bandung, PSM Makassar dan Persebaya Surabaya di turnamen tersebut.

Tetapi PSMS Medan wajib mengakui keistimewaan Persija Jakarta, sampai akhirnya mereka terhindar di semifinal. Ketika memperebutkan posisi ketiga, Ayam Kinantan pun kembali kalah 0-4 atas Sriwijaya FC.

Tradisi guncangan klub promosi di turnamen pramusim Piala Presiden pun berterus sampai musim 2019 ini. Kali ini giliran Kalteng Putra yang menunjukkan kemampuannya di event tersebut.

Pernah tidak diperhitungkan sejak awal, tetapi Laskar Isen Mulang sukses lolos ke babak perempatfinal Piala Presiden 2019 dengan status juara grup. Bahkan mereka sukses mengalahkankan dua tim ternama di Indonesia, yaitu Persipura Jayapura dan PSM Makassar.

Tim besutan Gomes de Olivera itu sendiri nyatanya punya angka yang sama dengan Mutiara Hitam dan PSIS Semarang. Tetapi Kalteng Putra unggul head to head sekaligus jumlah brace dibandingkan dua klub Liga 1 tersebut.

(MJ – Satupedia.com)

x

Check Also

RANS Cilegon FC Lolos ke Liga 1, Gading Marten Tantang Raffi Ahmad

Jakarta – RANS Cilegon FC berhasil promosi ke Liga 1 setelah sukses mengalahkan PSIM Yogyakarta ...